Dear netters
Saya mengucapkan terima kasih atas tanggapan para 'aktivis balita-anda' terhadap
e-mail saya tentang imunisasi MMR.

Netters, keponakan saya, perempuan sehat dan cantik, saat ini telah berumur 1 th
4 bl, tapi belum juga bisa berjalan. Sepertinya keponakan saya ini mempunyai
masalah dengan gerak motoriknya, khususnya dengan alat gerak sebelah kanan.
Sampai saat ini tangan kanannya masih sering menggenggam, sementara tangan
kirinya sangat aktif. Berat badan keponakan saya normal dan anak ini tidak
mempunyai masalah dengan kecerdasan untuk anak seusianya. Bila tangan kirinya
dipaksa untuk dibuka, dia berteriak dan menangis, sepertinya kesakitan, dan
berontak agar tangannya dilepaskan. Saat ini keponakan saya sedang mengikuti
terapi di klinik fisioterapi di RSCM atas saran dokter ahli syaraf anak, tetapi
perkembangannya terlihat belum pesat. Beberapa kali pula keponakan saya ini
dpijat oleh dukun urut bayi, dan salah satu dari mereka berkata ada urat yang
kaku di sekitar panggul dan pinggul sebelah kanan, dan ini sudah terjadi sejak
keponakan saya masih kecil sekali, mungkin karena salah menggendong atau
mengangkat.
Saya minta input dari para netters mengenai kasus keponakan saya ini.
1.   Apa yang terjadi dengan keponakan saya dan apa penyebabnya?
2.   Apa hal terburuk yang dapat terjadi bila keadaan ini dibiarkan?
3.   Stimulasi apa yang baik untuk merangsang alat gerak sebelah kanan?
4.   Dimana, selain di RSCM, terdapat klinik fisioterapi untuk kasus keponakan
saya ini?
5.   Baikkah seorang anak kecil atau bayi dipijat oleh dukun pijat bayi?
6.   Benarkah kesalahan dalam mengangkat dan menggendong bayi dapat menyebabkan
kasus seperti ini?
7.   Keponakan saya sering berteriak dalam mengungkapkan keinginannya, normalkah
ini, atau adakah kaitannya dengan  perkembangan alat gerak sebelah kanannya?

Saya sangat menghargai dan berterima kasih jika para netters mau berbagi cerita
dan memberi masukan.

Best regards,

Imelda