Terima kasih atas saran2nya, saya sudah mencoba konsul dg DSA begitu sampai
9 bulan giginya ngga nongol2. Dan dianjurkan untuk diberi tambahan kalk.
Mungkin ini membantu sedikit soalnya setelah itu gusinya jadi bengkak2.
Mungkin memamg ibunya kekkurangan kal.

Salam
Dwi
At 12:55 PM 11/8/99 +0700, you wrote:

>Mbak,
>kalo dilihat dari rata-rata pertumbuhan gigi bayi, gigi anak Mbak kayaknya
memang agak lambat tumbuhnya ya...tapi mungkin juga itu normal...saya rasa
sebaiknya Mbak tanya langsung sama DSA, sebab dalam hal ini pasti
pengalaman orang akan berbeda-beda.

>Mengenai gigi yang tumbuh sehat, selain harus dibersihkan secara teratur
dan jangan dibiarkan minum susu sampai ketiduran (tanpa minum air putih
lagi setelahnya, supaya gula dari susu tidak nempel di gigi), saya mendapat
saran dari famili saya yang dokter gigi, dari DSA dan dari tante saya yang
perawat di Belanda, bahwa setelah berusia 3 bulan sampai 14 tahun, anak
diberi tambahan fluor berupa tablet yang bisa dihisap-hisap. Sampai
sekarang (anak saya 15 bulan), tiap dua hari sekali makan (dihisap)1/2
table Vina Fluor (harganya kurang lebih Rp. 3.500/ 10 tablet). Flour ini
baik sekali untuk gigi, namun jika diberikan dalam dosis yang berlebihan
malah akan menimbulkan bercak-bercak/noda pada gigi. Bayi-bayi di USA dan
di kebanyakan negar di Eropa, dulu selalu disarankan mengkonsumsi tablet
ini sampai usai 14 tahun (dianggal giginya sudah tetap semua). Sekarang
tidak lagi, karena dalam air ledeng mereka sudah ditambahkan fluor. Kalo
Mbak ragu-ragu...sebaiknya tanya saja pada DSA-nya.