Ibu Novianty,

Saya mempunyai pengalaman dengan anak kami yang sekarang berumur 2
tahun, Waktu dia berumur 8 bulan saya baru sadar bahwa dibelakang
telinga juga ada benjolan sebesar biji jagung kiri dan kanan
masing-masing 2, karena khawatir setelah konsul ke DSA disarankan untuk
cek darah lengkap dan rontgen, DSA mengkhawatirkan kalau-kalau itu
berkaitan dengan pembuluh paru-paru yang membengkak dan biasanya karena
ada faktor flek di parunya.Dilihat dari fisik dan perkembangannya memang
tidak ada perbedaan tapi yach apa salahnya  saya ikutin anjuran tsb.
Ternyata hasilnya di dalam paru-paru anak saya terkena flek , dan
ditandai dengan kelenjar yang membengkak. Setelah itu pengobatannya
adalah dengan terapy obat minum (Pyrafid syrup) sehari satu kali selama
6 bulan tanpa putus, dan tidak boleh lupa. DSA hanya menginformasikan
kalau-kalau tidak diatasi secara dini dikhawatirkan dia akan kena
paru-paru atau TBC nantinya. Alhamdullilah setelah 4 bulan kelenjarnya
mengecil dan menghilang, namun waktu itu tetap harus dikontinyu selama 6
bulan. DSA mengatakan tidak setiap penyakit paru/TBC ditandai dengan
batuk/pilek , karena anak kami waktu itu jarang sekali batuk/pilek. Ada
benarnya kakak sepupu Ibu yang dokter memberi masukan. dan nggak ada
salahnya khan kita coba atasi lebih dini daripada terlambat....

Mamanya Rangga,