Hal ini pernah dibahas beberapa bulan yang lalu. Sepertinya tiap orang
mempunyai pengalaman yang berbeda2. Ada orang yang berpengalaman tidak baik
dengan Perusahaan Asuransi A, tetapi ada yang baik2 saja. Kalau boleh saya
sarankan coba dengan Asuransi Takaful dari Bank Muamalat. Sistem perolehan,
premi yang harus dibayar dan darimana dana kematian (jika penanggung tiba2
meninggal dunia) sangat jelas. Asuransi ini tidak menutup kemungkinan bagi
peserta non muslim, semuanya dilayani. Mengenai mata uang yang dipakai,
terserah pada peserta asuransi boleh dalam rupiah atau mata uang lainnya.
Mengenai jelasnya mungkin bapak bisa menghubungi Bank Muamalat terdekat.
Ini cuma saran saya, semuanya terserah bapak kepada siapa bapak lebih
percaya. Saya mendaftarkan dana siswa dari asuransi ini untuk putri saya
yang baru berumur 11 bulan.

Mengenai apa2 saja yang perlu diperhatikan;
1. Besar premi, yang sangat tergantung pada
     a. Berapa jumlah dana yang akan diinginkan untuk didapatkan pada masa
akhir kontrak
     b. Berapa tahun masa kontrak
     c. Mata uang
2. Apa saja yang akan kita dapatkan selain dari jumlah dana yang
diinginkan, biasanya kita akan mendapatkan dana siswa yang besarnya
tergantung dari tiap2 perusahaan.
3. Cara dan metode pembayaran.
4. Dana kematian yang didapatkan jika terjadi sesuatu hal terhadap
penanggung, misal; lumpuh, meninggal dunia, dll

Saya rasa cuma itu yang penting, mungkin rekan netter lainnya ada yang
ingin menambahkan.

Salam, semoga bermanfaat

Intan

ALTA VEGANEP <[EMAIL PROTECTED]> on 11/15/99 11:17:06 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]