Rekan milis,

Anak saya yang kedua (laki-laki) sekarang berumur 2 tahun 11 bulan juga
tergolong lambat bicara. Meski sekarang sudah banyak bicara tetapi belum
jelas kata-kata/pembicaraanya. Kalau dibanding dg. kakak perempuannya
(sekarang 5 tahun) waktu berumur satu tahun lebih sudah lancar baik
bicaranya (maaf lebih cerewet) juga berjalannya. Setahu saya menurut
penelitian (maaf saya lupa sumbernya) memang anak perempuan lebih cepat
perkembangannya. Saya pernah dengar dari teman psikolog saya, dia pernah
baca dari sebuah buku bahwa tingkat seringnya USG ke janin akan berdampak
pada delayed speech (lambat bicara). Meski ini pernah saya kemukanan dengan
dokter kandungan dan dibantah oleh beliau bahwa USG tidak ada efek
sampingnya. Seingat saya memang frekwensi pemeriksaan USG untuk anak ke dua
saya lebih sering (pemeriksaan kandungan selalu pakai USG) dibanding dg.
anak pertama. Mudah-mudahan kesimpulan ini tidak benar, tapi kalau ada rekan
yang punya pengalaman yang sama mohon dishare.

Papanya Atsil.

[dihapus]