Pak Rudy,

Mungkin Bapak bisa baca posting di sini sebelumnya mengenai bagaimana bayi
mengenali siang dan malam.

Saya ingin menjawab pertanyaan bapak yg nomor 2 (mungkin juga termasuk no.
3). Memang ada yg mengatakan bhw bayi terbiasa dg suatu kondisi krn orang
tua-nya lah yg membiasakan (bau tangan, jangan dimanja, dlsb). Tapi saya
rasa, ketika bayi masih dlm rahim Ibu, dia sudah terbiasa dibuai dlm air
ketuban rahim. Sehingga dia juga akan merasa nyaman, hangat dan aman jika
digendong dan dibuai oleh orang yg menyayanginya.

Saya anjurkan berikan saja apa yg dirasakan nyaman oleh sang bayi, selama
hal ini tidak menjadi "batu sandungan" antara suami-istri (misalnya bapak
ingin selalu menggendong dan membuai bayi, sedangkan istri tidak krn jika
terbiasa maka sang istri yg kecapean. Mungkin Bapak menggendong hanya
beberapa kali dalam sehari, sedangkan istri harus menggendong sepanjang
hari!). You can never spoil a baby krn mereka itu sangat helpless dan
membutuhkan semua bantuan dr orang yg menyayanginya. Jangan didengarkan
mitos yg tidak menginginkan kita terlalu 'attach' dg bayi kita. Salam,

Zullia Saida
OFfice of Transition Initiative (OTI)
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5,Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

-------------
Original Text
From: "Rudy Munadi" <[EMAIL PROTECTED]>, on 11/19/99 12:29 AM:
To: internet["'[EMAIL PROTECTED]'" <[EMAIL PROTECTED]>]

para netter saya mohon bantuannya dong..1
begini bayi saya baru berumur 1 bulan tiap kalau siang dia tidak tidur tapi
menjelang sore hari (biasanya menjelang jam 4 sore) dia tidur sampai jam 9
terakhir mamanya kasih minum terus matanya belo kembali dan minta digendong
terus sampai tidur. Itu saja kalau dia masih sadar (walau sudah merem
langsung nangis kembali .
nah yang mau saya tanyakan;

        1. jika bayi nangis terus, bisa menyebabkan apa..?
        2. gimana cara menhilangkan kebiasaan di gendong..? ( kata neneknya
itu udah bau tangan0
        3. gimana cara menidurkan bayi yang paling baik..terutama kalau dia
sedang nangis  yach..

mohon bantuan para netters semua

Papa Natanael

EMERGENCY ONLY! Jika kesulitan unsubscribe, email: