Kebetulan istri saya juga sedang hamil 8 bulan... dan ketika hamil 6 bulan
juga diketemukan bahwa dia memiliki sejarah (lampau) Toxo dan CMV...
Tapi dokter saya hanya memberi dosis zoovirax dan isoprinosin untuk satu
bulan setelah itu tidak diberikan lagi...
Setahu saya.... setelah saya mencari info di internet dari salah satu
homepage di US...
jika hasil lab menunjukkan IgG yg positif berarti infeksi berlangsung dimasa
lampau sehingga tingkat bahayanya tidak terlalu tinggi....
Yang tinggi jika hasil lab menunjukkan IgM positif.... itu yang perlu
treatment lebih lanjut...
Sebetulnya jika IgG positif tapi levelnya tidak terlalu jauh dengan ambang
aman... beberapa dokter menganggap tidak perlu pengobatan...
Dokter kami melakukan pengobatan karena level IgG istri saya 16 kali lebih
besar dari ambang aman....
Sekian mudah-mudahan berguna.
Saya ada literatur CMV tapi dalam bahasa inggris, mungkin bisa dimanfaatkan.
(see attachment)

Salam

Arif