Rekan-2, kami termasuk keluarga yang baru akan mendapatkan anak, dan
>saat ini istri saya telah hamil 4 bulan dan kata dokter keadaan janin
>dan istri saya baik baik saja.

Pertama, selamat ya, Pak. Bisa dibayangin gimana senangnya menunggu si buah hati
nongol. Semoga ibu dan janin selalu sehat,ya Pak!

>Yang ingin saya tanyakan kepada ke Rekan-2,
>

>[1]. Makanan atau minuman apa saja yang tidak boleh di makan atau di minum
>selama kehamilan.

Saya sudah agak lupa apa yang dilarang oleh DSOG waktu saya hamil, tapi seingat saya
tidak boleh makan nanas, durian, salak, timun, kol, soft drink, kopi, rokok dan
minuman keras. Saya rasa kecuali tiga yang terakhir kalau dimakan tidak terlalu banyak
sih tidak apa-apa. Pada dasarnya ibu hamil itu boleh makan apa saja, tapi sebaiknya
pilih yang benar-benar bergizi dan menyehatkan. Sebab, apa yang dikonsumsi ibu, itu
pula yang diserap oleh janin. Kita kan ingin memberi yang terbaik untuk si kecil toh??
Jadi saran saya, makanan seperti junk food jangan terlalu banyak dan sering
dikonsumsi. Pilihlah makanan yang bergizi saja.

>[2]. Bagaimana caranya mendidik anak yang masih dalam kandungan ?? apa saja
>yang mesti di lakukan

Dari banyak literatur dan saran-saran, salah satu caranya adalah dengan banyak
mendengarkan musik klasik. Mengenai musik klasik dan pengaruhnya terhadap bayi baru
saja dibahas dimilis ini. Selain itu, banyak-banyaklah mengajak si janin
bercakap-cakap, dia senang lho. Lama-lama si ibu bisa merasakan reaksi si kecil di
perut bila diajak bercakap-cakap.

>Terimakasih sebelumnya untuk masukannya.
>Salam,
>Dari Calon seorang Ayah.

Semoga berguna ya ,Pak.....salam !

Mama Jonathan