From: mamanya Dafi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, November 25, 1999 7:37 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] belajar membaca untuk balita3

Bagian terakhir dari artikel ini.

Mamanya Dafi

Ancaman
Kebosanan adalah satu-satunya ancaman. Jangan sampai
anak menjadi bosan. "Mengajarnya terlalu lambat akan
lebih cepat membuatnya bosan daripada mengajarnya
terlalu cepat"

Pada tahap pertama ini, dua hal luar biasa telah anda
lakukan:
1. Dia sudah melatih indera penglihatan, dan yang
lebih penting: dia telah melatih otaknya cukup baik
untuk dapat membedakan bentuk tulisan yang satu dengan
yang lainnya.
2. Dia sudah menguasai salah satu bentuk abstraksi
yang paling luar biasa dalam hidupnya: dia dapat
membaca kata-kata. Hanya ada satu lagi abstraksi besar
harus dikuasainya, yaitu huruf-huruf dalam abjad

Tahap kedua (kata-kat diri)
Kita mulai mengajarkan anak membaca dengan menggunakan
kata-kata 'diri' karena anak memang mula-mula
mempelajari badanya sendiri.

1. Ukuran karton 12,5 tinggi dan 60 cm panjang
2. Ukuran huruf 10 cm tinggi dan 7,5 cm lebar dengan
jarak 1 cm
3. Huruf dan warna seperti tahap pertama
4. Buat 20 kata-kata tentang dirinya:

tangan  kaki    gigi    jari    Kuku
lutut   mata    perut   lidah   pipi
kuping  dagu    dada    leher   paha
siku    hidung  jempol  rambut  bibir

5. Dari 3 kelompok kata masing-masing 5 kata di tahap
awal, ambil masing-masing 1 kata lama dan tambahkan
dengan 1 kata baru di tahap kedua
6. Dari 20 kata baru pada tahap kedua, ambil 10 kata
dan jadikan 2 kelompok kata masing-masing 5 kata
7. Jadi sekarang anda memiliki:
· 3 kelompok kata dari tahap pertama yang sudah
ditambah kata-kata baru
· 2 kelompok kata baru dari tahap kedua
· total 5 kelompok kata = 25 kata

8. Lakukan seperti tahap pertama
9. Setelah 5 hari ganti 1 kata dari masing-masing
kelompok dengan kata baru, sehingga anak mempelajari 5
kata baru
10. Setelah itu setiap hari ganti 1 kata lama dari
masing-masing kelompok data dengan 1 kata baru. Dengan
demikian setiap hari anak belajar 5 kata baru
masing-masing datu dalam setiap kelompok kata,dan 5
kata lama diambil setiap harinya.

TIPS:
1. Usahakan jangan ada 2 kata yang dimulai dengan yang
sama secara berurutan, misalnya 'lidah' dengan 'lutut'
2. Anak-anak usia 6 bulan sudah bisa diajarkan.
Lakukan dengan cara yang persis sama kalau anda
mengajarnya berbicara
3. Ingat, membaca bukan berbicara
4. Usaha mengajar bayi membaca dapat membaca dapat
mempercepat berbicara dan memperluas perbendaharaan
kata.

Tahap ketiga (kata-kata 'rumah')
Sampai tahap ini, baik orang tua maupun anak harus
melakukan permainan membaca ini dengan kesenangan dan
minat besar. Ingatlah bahwa anda sedang menanamkan
cinta belajar dalam diri anak anda, dan kecintaan ini
akan berkembang terus sepanjang hidupnya. Lakukan
permainan ini dengan gembira dan penuh semangat.

1. Ukuran karton 7,5 cm tinggi dan 30 cm panjang
2. Ukuran huruf 5 cm tinggi dan 3,5 cm lebar dengan
jarak lebih dekat
3. Huruf dan warna seperti tahap tahap kedua
4. Terdiri dari nama-nama benda di sekeliling anak
serta lebih dari 2 suku kata, misalnya: kursi, meja,
dinding, lampu, pintu, tangga, jendela, dll
5. Gunakan cara pada tahap kedua dengan setiap hari
menambah 5 kata baru dari tahap ke tiga
6. Setelah kata benda, masukkan kata milik, misalnya:
piring, gelas, topi, baju, jeruk, celana,s epatu, dll
7. Setelah itu masukkan kata perbuatan, misalnya:
duduk, berdiri, tertawa, melompat, membaca, dll
8. Pada tahap kata perbuatan , agar lebih menarik,
sambil menunjukkan kata tersebut, anda praktekkan
sambil katakan 'Ibu melompat', 'kakak melompat', dsb

Tahap keempat (susunan kata dalam kalimat)

1. Ukuran kartu 4 cm tinggi dan 20 cm panjang
2. Ukuran huruf 2.5 cm
3. Huruf kecil, warna hitam
4. Tunjukkan kata demi kata seperti tahap sebelumnya
lalu gabungkan misalnya 'ini' dan kata 'bola'
5. Setelah itu pilihkan buku sederhana dengan syarat :
· Perbendaharaan kata tidak lebih dari 150 kata
· Jumlah kata dalam 1 halaman tidak lebih dari 15-20
kata
· Tinggi huruf tidak kurang dari 6,25 cm
· Sedapat mungkin teks dan gambar terpisah
Carilah yang mendekati persyaratan tersebut

6. Pilih salah satu halaman yang ada di buku
7. Pindahkan kata-kata yang ada di halaman tersebut ke
dalam satu kartu. Jadikan kartu-kartu ini 'susunan
kata-kata' yang akan digunakan pada tahap kelima.
Jumlah kartu 'susunan kata-kata' sama dengan jumlah
halaman buku. Ukuran kartu harus sama walaupun jumlah
kata tidak sama.
8. Buat kartu ukuran 7,5 cm tinggi dengan tinggi huruf
5 cm, warna hitam.

Tahap kelima (susunan kata-kata dan kalimat)

1. Sekarang anda sudah mempunyai kartu-kartu dengan
kata-kata yang ada dalam setiap halaman buku yang akan
dibaca anak. Lubangi sisi kartu-kartu untuk dijilid
menjadi sebuah buku yang isinya sama namun ukuanya
lebih besar
2. Tunjukkan kartu pertama dan ucapkan perkataannya
lambat-lambat. Setiap hari harus diselesaikan 5 kartu
3. Setiap kartu sudah diperintahkan tiga kali sehari
selama lima hari.

--- Woro Tri Endraswari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Saya baru ikutan milis ini. tapi sudah ada masukan
> yang berarti bagi
> saya.Mungkin yang saya tanyakan ini pernah dibahas
> yaitu mengenai bagaimana
> cara mengajarkan anak yang baru berusia 3 tahun
> belajar membaca karena anak
> saya kalo di ajarkan punya alasan macam-macam,
> ngantuk lah, capek dan
> sebagainya. Mungkin ada yang mau sharing kepada
> saya. Please......
>
> mamanya kintan dan windi

Thousands of Stores.  Millions of Products.  All in one place.
Yahoo! Shopping: http://shopping.yahoo.com

EMERGENCY ONLY! Jika kesulitan unsubscribe, email:

This e-mail and any attachment contains information which is private
and confidential and is intended for the addressee only.
If you are not an addressee, you are not authorised to read, copy or
use the e-mail or any attachment.
If you have received this e-mail in error, please notify the sender
by return e-mail and then destroy it.