Sekedar sharing untuk menumbuhkan sikap kritis :
1. Biasakan untuk memberikan alasan mengapa Bapak / Ibu / Kakak berbuat /
melarang sesuatu
2. Membiasakan anak untuk berpikir "sebab-akibat"
3. Biasakan untuk memberikan pertanyaan terbuka yang kira-kira sudah dapat
dijawab olehnya, misalnya, "Mengapa kamu menangis ?", "Kamu melukis apa ?"
(jangan menebak apa yang dilukisnya)
4. Jangan malas menjawab "Kenapa" nya anak, walaupun itu terkadang
melelahkan / menjengkelkan.
5. Suruh cerita hal menarik yang dia temui hari itu. Perhatikan ceritanya
sepenuh hati. Tanamkan bahwa dia boleh berbicara tentang apa saja.
6. Ajak berfikir mengenai lingkungan, ajukan pertanyaan. Misal : ajak
memandang pelangi, lalu ajak dia berfikir, bagaimana bisa pelangi terjadi.
Siapa yang melukisnya. Jangan dijawab kalau yang melukis malaikat, tapi
buktikan dengan menyemprotkan air slang penyiram tanaman di cahaya
matahari. Lalu, jelaskan bahwa pelangi adalah kejadian yang sama dengan hal
tersebut.
7. Intinya, tanamkan ke benak anak sehingga dia punya mindset bahwa segala
sesuatu yang ada dan terjadi di dunia luas ini ada alasannya.
8. Beliin buku / cd  banyak-banyak tentang ilmu pengetahuan (yang menarik
tentunya, yang banyak gambarnya). Kalau pas saya kecil dulu, ada buku Seri
Pustaka Dasar terbitan Gramedia. Sekarang pilihannya tentu lebih banyak
lagi.
9. Kalau belum terlanjur, jangan dikenalin dengan komik Jepang yang berbau
romance itu, lho ! Sepertinya kok kurang bermanfaat, ya. Juga ini
memperkenalkan kepada anak terlalu dini tentang asmara-asmaranan. Padahal
kalau anak kita sudah kenal yang satu itu, wow, bisa asmara aja yang
dibenaknya. Kalau alasannya untuk mengembangkan imajinasi, banyak kok cara
lain yang lebih kreatif dan lebih mengembangkan aktivitas anak.
Well, baru segini yang terbersit di memori saya, yang lain silakan
menambahi, atau mengoreksi. Semoga bermanfaat.

----------
> From: Wayan Andrianata <[EMAIL PROTECTED]>
> To: [EMAIL PROTECTED]
> Subject: [balita-anda] tanya : bagaimana menumbuhkan sikap kritis pada
anak ?
> Date: 08 Desember 1999 14:45
>
> Dear netters,
> Adakah yang bisa memberikan masukan bagaimana menumbuhkan sikap/sifat
> kritis pada anak ?
>
> Wass.
>
> Kunjungi: http://www.balita-anda.indoglobal.com
>
> -= Dual T3 Webhosting on Dual Pentium III 450 - www.indoglobal.com =-
> EMERGENCY ONLY! Jika kesulitan unsubscribe, email:
[EMAIL PROTECTED]
> Panduan Menulis Email yang Efektif http://hhh.indoglobal.com/email/
> http://pencarian-informasi.or.id/ - Solusi Pencarian Informasi di
Internet