On Mon, 6 Dec 1999, Erny Handjoyo wrote:

> Dear Netters,
>
> Mohon sharing dan saran anda untuk obat tradisional pencegah batuk & pilek
> atau flu secara umum yang menyerang orang dewasa, baik Ibu atau Bapak para
> balita.
> Thanks.

Ibu yg terhormat,

Ini adalah pengalaman saya pribadi. Kira-kira sepuluh tahunan yang lalu
saya sering terserang flu. Dan apabila penyembuhannya tidak tuntas, sering
juga terjebak pada keadaan yang menyulitkan - pilek ditambah batuk
berdahak yang tak sembuh-sembuh.Diobati secara konvensional, artinya pergi ke
dokter dan dokter memberipengobatan yang sesuai ditambah dengan antibiotika,
tetap sulit sekali
sembuhnya dan bahkan dalam satu periode sakit saya sampai sekian kali
pergi ke dokter dan sekian kali pula saya dapat antibiotika tapi tetap
batuk tidak hilang dan malah kondisi badan makin menurun.
Sampai pada suatu saat satu suami isteri, yang isteri kebetulan seorang
dokter,ngasih nasihat agar sering minum susu kedelai. Ini berdasar pengalaman
dengan anaknya yang punya penyakit asthma (kebetulan saya pribadi juga
punya asthma dan kami sama-sama tinggal di Bandung - yang kata orang
hawanya dingin tapi basah), setiap kali anaknya terserang flu mereka tak
mau ambil resiko sakit si anak berlanjut ke asthma dan batuk yang
berkepanjangan yang sebelumnya sering terjadi. Yang mereka lakukan adalah
di samping diberi pengobatan untuk menyembuhkan flu-nya, si anak dijaga
terhadap cuaca luar dan banyak dberi minum susu kedelai. Menurut mereka
pada kedelai terdapat suatu zat (saya tidak ingat persis zat apa
yang mereka katakan, mungkin lesitin) yang mempunyai sifat dapat
meningkatkan daya ketahanan tubuh dan bersifat anti allergi.
Saya mencobanya. Alhamdulillah ternyata ya. Pada kali sakit flu yang
pertama dalam sehari saya minum antara 3 s/d 4 gelas - memang benar
dalam waktu 4 - 5 hari flu dan batuk berangsur sembuh.

Sekarang saya menjadikan susu kedelai sebagi minuman sampingan, yah
kira-kira satu gelas dalam dua hari. Nampaknya ia juga berfungsi sebagai
pencegah penyakit infeksi pernafasan, karena sekarang saya relatif lebih
jarang terkena flu di banding masa-masa dulu.
Dan alhamdulillah isteri saya kebetulan rajin, ia membuat sendiri susu
kedelai untuk kami sekeluarga dan kami biasa meminumnya dalam keadaan
dingin dicampur dengan sirop.

F.