Mbak Erni,
Saya pernah membaca, bahwa di bawah usia 3 tahun belum
perlu diajarkan alat musik, tapi sudah boleh
dikenalkan karena sampai usia 3 tahun otak anak masih
belum siap menerima pelajaran musik. Pengenalan
misalnya dengan sebangsa musik pukul (drum atau kaleng
susu, kotak makan plastik, dll) sifatnya hanya
pengenalan irama, piano mainan juga bisa dipakai
sebagai sarana melatih perbedaan nada. Kalau di rumah
tersedia alat musik maka bisa juga dipakai untuk
sarana 'bermain'.
Setelah 3 tahun baru dimulai program musik formal.
Tapi kita harus meneliti dulu metode nya pilih program
yang memang ditujukan untuk balita (beberapa yayasan
musik punya program ini). Bagi usia muda yang penting
faktor bermainnya harus lebih besar dari faktor
belajarnya. selain itu minat anak juga berpengaruh,
jangan bersifat pemaksaan, kalau perlu biarkan anak
memilih alat musik yang dia sukai. Kalau dia bosan
tidak ada salahnya berhenti dulu sampai dia
menunjukkan keinginan untuk mulai latihan lagi.
Prinsipnya semua alat musik punya kelebihan, namun
banyak yang mengatakan piano, biola dan gitar termasuk
yang terbaik karena kompisisi nada yang kaya dan bisa
dimainkan dari tingkat paling mudah sampai paling
sulit untuk merangsang perkembangan otak anak.

Mamanya Dafi