Dear Pak Taufik,
Saran saya sebaiknya istri bapak tidak usah berpuasa karena usia
kehamilan 4 bulan itu adalah saat dimana janin tumbuh dan berkembang.
Pada kondisi tersebut janin membutuhkan banyak sari-sari makanan yang
dikonsumsi oleh ibu untuk pertumbuhannya. Semenjak kejadian kemarin
dimana istri saya kena alergi ikan tuna, meskipun sebelumnya tidak ada
masalah dengan makanan ikan, serta disarankan dokter untuk tidak
berpuasa, maka mulai kemarin istri saya tidak lagi berpuasa dan
menggantinya dengan membayar fidyah. Karena yang kami pikirkan adalah
pertumbuhan dan kesehatan bayi kami (umur 2 bulan).
Pengalaman istri saya waktu menjalani proses kehamilan banyak
mengkonsumsi buah-buahan (bukan nanas, duren, pepaya muda serta nangka),
makan-makanan yang bergizi: sayur, ikan, daging (bukan daging kambing),
susu prenagen, CDR, vitamin Obimin. Makanyapun jangan sampai kenyang,
sedikit-sedikit tetapi sering. Dan alhamdulillah bayi kamipun lahir
dengan sehat dan normal.
Demikian pengalaman kami semoga bermanfaat.

salam hangat,
andi