Ibu Iin,

Iya, matanya suka kayak juling..emang juling kali..tapi kata
dokter mata, otot mata luarnya lemah (maksudnya bola matanya susah
sampe ujung/melirik, jadinya sering ditengah, keatas atau ke dalam.
Menurut dokter tsb.suatu saat harus dioperasi. Nggak
sekarang-sekarang, observasi dulu. kami ke dokter mata atas ref.
dokter syaraf.
Mengenai hipertonus itu yang bilang ya DSAnya. Waktu itu dia tarik
tangan anak saya (bangkit dari tiduran). Lehernya sih sudah kuat
(waktu itu umurnya sekitar 3 bulan) tapi dibilang ototnya tegang.
Saya sendiri nggak berani bertindak  seperti itu wong masih kecil.
Saya cuma tanya emang anak saya beda dengan anak lainnya dan ternyata
beda katanya (mungkin diliat dari  respon yang diberikan).
Genggaman tangannya terlalu kuat. Kemudian kepalanya di USG,
alhamdulillah normal, trus diberi pengantar ke dokter syaraf,
diperiksa EEG juga dikirim ke dokter mata, trus CT Scan...
belakangan diberi pengantar utk terapi. Nah..yang ini baru akan
dilaksanakan...katanya sih ada test dulu..si anak masuk level
berapa..

Memang sih Bu, perasaan saya waktu gendong dia tidak selentur
kakaknya waktu bayi dulu, juga waktu menghentak-hentakkan kakinya.
Cuma saya pikir justru dia itu
kuat/kenceng..laki-laki..baguslah....fisiknya juga sehat.
Pokoknya kami nggak kepikiran yg namanya otot tegang.
Dokter syarafnya juga pernah nanya apa dia suka kejang atau muntah,
alhamdulillah enggak.
Yah, semoga saja pertumbuhan/perkembangannya normal. Mohon do'anya ya
Bu...? Terima kasih...

Wass,
Bundanya Irfan & Dimas