Pak Toni,

wajar aja kok kalo anak tiba-tiba jadi alim dan pendiem di luar rumah. Dia merasa
asing dan tidak aman di lingkungan yang belum dikenalnya. Itu bagian dari pertahanan
dirinya, karena dia tidak atau belum merasa nyaman dengan lingkungan yang asing itu.

Begitu juga dengan putra saya. Misalnya diajak pergi ke rumah sepupunya yang seusia.
Pertama-tama dia akan  nempel terus sama saya atau papanya, tapi setelah agak lama,
dia mulai mau turun dan melihat-lihat. Apalagi kalau ada barang yang dikenalnya,
misalnya ada cicak, bebek-bebekan atau sepeda. Biasanya anak saya akan segera
menghampiri barang yang dikenalnya itu. Tak lama kemudian dia mulai asyik bermain,
sampai-sampai susah disuruh pulang.

Yang penting kita jangan suka maksa, kalau dia belum merasa pede...biarkan saja.
Biarkan dia menilai dan mengamati lingkungan baru itu, nanti setelah dia merasa cukup
aman, dia akan lincah kembali. Kalau dipaksa dia malah benci dengan lingkungan baru
itu dan lain kali akan sulit baginya beradaptasi di tempat asing. Kita juga jangan
terus-terusan bilang...jangan dipegang...jangan ke sana...awas itunya...si anak jadi
takut malahan. Cukup kita awasi...kalau benar-benar bahaya, baru kita bilangin sambil
dialihkan perhatiannya.

Salam manis,

mama jonathan
--

On Mon, 27 Dec 1999 13:35:01   Vera Supati wrote:
>pak toni yg resah,
>
>kalo anak bapak di rumah lincah dan di luar diem, itu bagus toh pak, dan
>bukan berarti dia takut sama org, buktinya dia mau bicara dgn tante2xnya dan
>bukan hanya dgn mama dan papa saja kan.....
>
>mungkin dia diam hanya krn lingkungannya berbeda dgn rumah yg membuat dia
>nga selincah di rumah, saya ada cerita tentang keponakan saya, krn di rumah
>dia sepi, pas dia dateng ke rumah oma-opanya dia rewel, krn susana disana
>rame krn sodara pada kumpul, beda dgn anak saya yg biasa di rumah ramai, di
>rumah oma-opanya yah dia ikut-ikutan ramai....

> [...]

LYCOShop is now open. On your mark, get set, SHOP!!!
http://shop.lycos.com/