Dear Netters,
anak kami pun mengalami masalah susah BAB sejak usia kurang dari setahun hingga
kini (3 tahun). DSA memberinya Duphalac (sirup) untuk membantu melunakkan
faeces dan Microlax jika terpaksa. Sepanjang pengalaman kami, microlax ini untuk
sekali pakai. Jadi saya kira memang tidak mungkin untuk mencuci kembali ujung tube
(jika ini yang dimaksud prober) yang setelah kosong harus dibuang.

Hingga sekarang kami belum mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi hal yang
terjadi pada anak kami tersebut. Mulai dari mengencerkan susu bahkan menggantinya
dengan susu murni, memberinya pepaya dan buah lain, sayur serta
makanan berserat lain. Bahkan kami dianjurkan untuk membeli jelly berserat tinggi
(konnyaku) untuk membantu anak kami. Tapi nampaknya belum benar-benar
membantu. Meski terapi air putihpun kami terapkan, ternyata faecesnya masih
cenderung agak kering dan mengeras.

Adakah DSA dalam mailing list ini yang dapat membantu? Masalah ini sering timbul
juga dalam mailing list ini, tapi belum ada expert yang angkat bicara.
Terus terang mental saya dan isteri sudah mulai menurun  jika harus melihat
anak kami menderita setiap mau BAB (ia  terkadang harus mengejan
hingga 5-6 jam, dan mulai trauma dengan microlax).

Salam,

F.A. Devy Ferdianto