Mama Jonathan, terima kasih ya atas sharingnya

Ibunya Dira

Stella Martini <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Ibunya Dira,

masalah ini pernah saya tanyakan pada DSA anak saya. Jawabnya, madu itu baik bagi
pertumbuhan dan kesehatan karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Seperti kita
ketahui, protein adalah unsur yang sangat penting bagi bayi dan anak-anak dalam masa
keemasan pertumbuhan mereka. Hanya saja, madu itu tidak steril. Belum ada madu yang
dalam prosesnya bisa disterilkan. Di luar negeri, pada kemasan madu biasanya tertulis
"not for baby", karena itu tadi...tidak steril. Ada satu jenis kuman atau bakteri atau
apa namanya, segolongan dengan penyebab tetanus yang bisa hidup dalam madu. Bila
terkonsumsi oleh bayi, akan menimbulkan gejala seperti terkena tetanus, demam tinggi,
kejang-kejang dan bila terlambat ditangani bisa berakibat fatal (meninggal). Di
Indonesia memang belum ada penelitian mengenai hal ini, karena jarang sekali orang
meninggal yang mau di autopsi, jadi penyebabnya tidak dapat diselidiki. Tapi,
ditemukan kasus kematian karena hal ini di Amerika. Karena itu, madu tid!
ak dianjurkan untuk bayi. Kasusnya memang tidak banyak, tapi resiko nyawa terlalu
besar untuk diabaikan begitu saja.

Oleh karena itu, DSA itu tidak menyarankan saya untuk memberi madu pada putra saya
sebelum usia 9 bulan. Kecuali madu yang terdapat pada susu formula, karena dalam
prosesnya sudah melalui sterilisasi. Setelah 9 bulan, daya tahan tubuh sudah cukup
kuat, jadi boleh diberikan madu. Tapi, DSA itu juga bilang, kasus kematian seperti itu
sangat jarang. Kalau saya tetap mau kasih juga engga pa-pa, yang penting dia sudah
beritahu resikonya.

Semoga share ini bermanfaat. Salam manis

mama jonathan
--

On Tue, 28 Dec 1999 20:15:20 nadira taqiyya wrote:

>(cf. madu untuk bayi)
>
> Putri saya baru berumur 6 bulan.
>
>Saya pernah baca kalo madu tidak baik diberikan pada bayi baru lahir, sebenarnya umur
>berapa baru dapat diberikan ? rekan netters tahu ngga apa kasiatnya..? apa bener
>untuk melancarkan pencernaan ?
>
>terima kasih sebelumnya
>
>Ibunya Dira

>Talk to your friends online with Yahoo! Messenger.

LYCOShop is now open. On your mark, get set, SHOP!!!
http://shop.lycos.com/

Berhenti berlangganan, e-mail ke: [EMAIL PROTECTED]