Mbak Dian, pasti putrinya lagi lucu-lucunya ya.

Putra saya juga pake pampers setiap malam dan jika bepergian, sejak umur 2 minggu
sampai sekarang (17 bulan). Menuruti nasihat baby sitternya plus beberapa rekan,
sebelum mengenakan pampers, daerah sekitar selangkangannya saya oleskan dengan baby
cream. Waktu masih bayi malah saya oleskan minyak kelapa buatan sendiri. Hasilnya
sampai sekarang putra saya tidak pernah mendapat masalah dengan penggunaan pampernya.
Tidak pernah jadi lecet atau merah-merah. Kalau ke DSA juga diperiksa dan hasilnya
baik-baik saja.

Saya pernah membaca bahwa dalam pemakaian pampers yang harus diperhatikan adalah
ukurannya, jangan sampai kekecilan karena akan membuat si bayi tidak nyaman. Lalu,
daya serapnya supaya tidak gampang bocor. Juga kekeringannya, artinya bahannya tidak
lembab di kulit bayi, jadi walaupun sudah dipipisi, sisi yang kena kulit bayi tetap
terasa kering.

Di negera barat malah pampers digunakan hampir sepanjang hari. Tentu saja cuaca mereka
yang cenderung kering juga mendukung. TIdak seperti di negeri tropis yang
kelembabannya tinggi.

Sebagai kompensasi dari pemakaian pampers setiap malam, sepanjang siang hari putra
saya tidak pernah menggunakan pampers dan  kalau sehabis mandi biasanya tidak langsung
saya pakaikan celana, tapi saya biarkan satu dua menit supaya daerah kelaminnya
terpapar udara segar.

Memang toleransi anak tidak sama semua, tapi semoga pengalaman saya berguna, Mbak.

salam manis

mama jonathan

--

On Tue, 11 Jan 2000 08:24:21   Dian Terciana wrote:
>Dear Netters,
>
>Saya ibu dari seorang bayi perempuan  berusia 5 bulan. Selama ini jika malam
>hari bayi saya mau tidur, saya selalu memakaikan bayi saya pampers/diapers.
>Dalam semalam saya mengganti pampersnya anak saya sebanyak 2 ( dua) kali.
>Yang ingin saya tanyakan :
>
>- Apakah pemakaian pampers setiap hari (pada malam hari) akan berbahaya bagi
>si bayi.
>- Berapa jam kita harus mengganti pampersnya.
>- Adakah efek sampingnya menggunakan pampers terlalu sering.

> [...]

LYCOShop is now open. On your mark, get set, SHOP!!!
http://shop.lycos.com/