Pak Arif,
Flu diakibatkan oleh virus dan tidak ada obat untuk
melawan virus. Obat yang beredar hanya untuk
meringankan gejala dan membantu pasien istirahat
(karena itu biasanya menyebabkan kantuk) karena hanya
dengan daya tahan flu bisa dilawan.
Saya sarankan untuk tidak minum obat, perbanyak makan
buah/sayur, air putih dan istirahat, kalau mungkin
perkuat daya tahan dengan minum susu, madu dan
multivitamin (vitamin C terutama).
Perlu dilihat apakah istri bapak memang flu atau
akibat alergi (makanan atau udara) karena efeknya
sama, kalau memang ada alergi maka perlu dihindari
sumber alerginya.
Agar bayi tidak tertular usahakan hanya kontak saat
menyusui saja itu juga si ibu harus memakai masker
(bisa dari sapu tangan atau beli di apotek)agar virus
tidak menular melalui hidung dan mulut sedangkan untuk
urusan lainnya ada baiknya sementara ditangani oleh
neneknya. Selain itu ibu harus sering mencuci tangan
terutama sebelum memegang bayi dan perlengkapannya
karena virus sering menempel di tangan.
Demikian dari saya

Mamanya Dafi