Bu, justru bagus kalau mengikuti program senam, bahkan
kalau tidak salah ada rumah bersalin yang
menyelenggarakan senam nifas (setelah melahirkan),
tujuannya untuk mengencangkan kembali organ tubuh,
membentuk tubuh dan menguatkan organ kehamilan (rahim,
vagina, dll). Tapi kalau  pun tidak ikut yang seperti
itu kita bisa senam sendiri di rumah, terutama senam
Kegel I dan II (untuk menguatkan otot vagina)dan low
impact aerobic (yang tidak pakai gerakan loncat).
Yang penting diingat adalah masukan gizi harus sesuai
dengan kebutuhan untuk menyusui dan kalori yang keluar
setelah senam. Untuk ibu menyusui harus ada tambahan
500 kalori dari kebutuhan makan harian.
Agar tidak terlalu gemuk, jangan ngemil kue, lebih
baik buah dan sayur dimakan langsung atau di jus,
selain rendah lemak, juga bagus untuk menambah volume
ASI, susu bisa samapi 3 gelas per hari tapi usahakan
yang tanpa lemak (skim).
Yang bagus untuk ibu menyusui kalau berat badan
kembali normal setelah 1 tahun jadi tidak drastis.
Demikian dari saya

Mamanya Dafi