From:   Putra Mahasena [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Wednesday, March 01, 2000 2:07 PM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        [balita-anda] Masalah tidur

Saya baru saja bergabing pada milist ini.
Anak saya sekarang usia 4 bulan 3 minggu.
Sejak usia 1 bulan 2 minggu, dia hanya tidur 30 menit setiap kali.
Kelihatan dia masih ngantuk tapi untuk kembali tidur susah sekali.
kadang2 bisa juga dia kemabli tidur setelah saya gendong2 kira 30 menit.
Kebanyakan orang mengiran bahwa dia tidur pendek krn lapar atau kurang
kenyang. Tetapi menurut saya bukan. Krn dia minum susunya cukup banyak.
Saat ini dia minum susu bergantian antara ASI dan susu kaleng.
Apakah ada ibu2 yg punya pengalaman seperti saya?
Kalau ada, bagaimana mengatasinya? Atau sejalan dg bertambahnya usai dia
akan tidur lebih lama dg sendirinya?

Persoalan kedua saya, sejak kira2 3 minggu yg lalu, bayi saya pada malam
hari setiap 2 atau 2 1/2 jam terbangun dan baru bisa tidur kembali
setelah saya beri ASI. Sebelumnya pada malam hari dia bisa tidur 4 atau
5 jam dan baru terbangun untuk minum ASI.
Apakah ada ibu2 yg punya pengalaman seperti saya? kalau ada apa penyebab
bayi ter-bangun2 begitu?

Salam,
Ibunya Yudhistira