Dear mamanya Irvan,
Saya sudah menggunakan air cleaner hampir 6 tahun dan memang berfungsi
sangat baik unntuk membersihkan udara.
Ada berbagai merk dan metode yang digunakan, teknologi sebelumnya
adalah dengan menyedot udara kotor dan melalukan ke suatu saringan /
filter yang mengandung karbon, tuuannya untuk mematikan kuman/bakteri
dan partikel debu yang besar, kemudian udara yang telah disaring sebagian
tersebut dilalukan lagi ke suatu penyaring yang terbuat dari kertas khusus
untuk menyaring debu yang berukuran lebih kecil, setelah itu udara yang
sudah disaring dihembuskan kembali. Metode yang lain adalah dengan
menggunakan tegangan tinggi pada dua keping yang berbeda potensial,
karena tegangan yang demikian tinggi sehingga akan menarik partikel
debu , sesuai dengan sifat elektrostatiknya.
Penggunaan air filter akan efektif bila dioperasikan di dalam ruangan yang
tertutup (yang biasanya menggunakan AC).
Air filter yang saya gunakan dari produk Philips dan saya beli (waktu itu)
seharga Rp.200 ribu , sekarang banyak beredar merk lain tanpa perlu
mengganti komponen filternya (cukup membersihkan secara berkala).
Pada air filter juga ada komponen tambahan yaitu ionisator yang berfungsi
untuk menambah ion negatif yang akan membuat udara bertambah segar
dan sejuk seperti berada di pegunungan atau di dekat air terjun.
Dapat dibeli di Goro, Makro, Carrefour, Continent, atau tempat grosir lainnya.
Demikian sedikit pengalaman memiliki air filter.

Rekan2 YTh

Anak saya usia 4 tahun menderita alergi debu dan dingin. Saya pernah dengar
ada alat air cleaner, apakah betul bisa mengurangi debu di kamar dan cocok
buat penderita alergi debu. Dan apakah ada yang tau merek yang bagus dan
typenya, juga bisa dibeli dimana.

Atau ada input lain ?

terima kasih

salam