Teman saya orang India punya anak seumur dg anak saya.
Karena dia tidak bisa berbahasa Indonesia, maka dia minta tolong pada
saya barangkali ada diantara ibu2 yg punya pengalaman seperti dia.

Anak teman saya itu sejak umur 2 bulan sampai sekarang sudah berusia 5
bulan selalu tertidur pada saat minum ASI setelah 5 menit. Dia coba
untuk memindahkan anaknya ke payudara yg sebelah lagi, anaknya tidak
bangun juga. Dia juga sudah mencoba untuk mengganggu anaknya dengan
mengelus-elus telapak kaki si anak, tapi tidak berhasil membangunkan si
anak.
Karena dia khawatir anaknya kekurangan susu, maka dia coba untuk memberi
susu kaleng. Tetapi si anak tidak suka minum dari botol. Kalaupun pada
akhirnya si anak mau minum dari botol, beberapa saat setelah minum akan
muntah.

Hal lain yang teman saya ingin sharing juga dari ibu2 adalah, waktu
minum anaknya tidak pasti. Kadang2 anaknya pada siang hari tidur selama
5 jam dan terbangun tanpa menangis kelaparan. Kalaupun teman saya
berusaha memberi ASI krn khawatir bahwa anaknya sebenarnya lapar hanya
tidak menangis saja. Tetapi yg terjadi adalah si anak akan muntah.
Si Anak baru mau minum kalau dia sudah menangis tanda lapar.

Sebetulnya pertambahan berat badan si anak cukup normal, sekitar2
800-900 gr perbulan. Tetapi krn cara minum anak yg seperti itu membuat
teman saya tidak bisa mengontrol banyaknya susu yg diminum oleh anaknya.
Apalagi si anak tidak suka susu kaleng, walaupun sudah dibuat bubur
tetap saja akhirnya muntah.

Seperti ibu2 semua tahu, bahwa pada usia seperti anak teman saya itu
susu adalah sangat penting.
Apa ada ibu2 yg punya pengalaman seperti teman saya itu dan punya jalan
keluarnya?

Salam,
Ibunya Yudhistira