Mengenai suntikan DPT pernah ada yang membahasnya di milis ini, sayang saya engga
menyimpan file-nya. Dibahas cerita orang tua tentang anaknya yang mendapat suntikan
DPT, tetapi bekas suntikannya jadi merah, benjol dan agak meradang. Setelah
diperiksakan ke DSA, ternyata vaksinnya tidak menyebar, malah menggumpal dan
menyebabkan infeksi disekitar bekas suntikan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan,
setelah disuntik, bekas suntikannya dipijat pelan-pelan selama beberapa kali supaya
suntikannya menyebar, atau diberikan trombopop yang juga berfungsi memperlebar
pembuluh darah.

Mengenai panas/tidak tergantung kondisi anak, waktu anak saya mendapat dpt 1,2,dan3
badannya panas, tapi waktu dpt 4 engga pa-pa tuh.

Waktu John di bcg umur 2 minggu, diinformasikan oleh dokter bahwa bekas suntikannya
akan membentuk benjolan kecil, tidak usah dipegang-pegang apalagi dipencet, dibiarkan
saja...mandikan seperti biasa, kena air/sabun engga pa-pa. Kalau kempes sendiri, tidak
akan meninggalkan bekas, kalo pecah nanti meninggalkan scars/tanda, tapi engga pa-pa,
paling engga bagus dari segi estetika saja.

Ternyata sampe sebulan engga timbul tanda apa-apa pada bekas suntikannya. Kata dsa
engga pa-pa, tanda itu bisa timbul dalam jangka waktu 6 bulan sejak suntikan. Betul
saja 2 bulan berikutnya baru keluar tanda merah berbenjol kecil, laaaamaaaa sekali
baru kempes, bulanan deh. Sekarang John sudah 1,5 tahun, tandanya cuma kayak bekas
digigit nyamuk yang sudah kempes, susah banget diliatnya.

Begitu pengalaman saya,

mama john
--

On Fri, 10 Mar 2000 08:52:02   Ummu Hilmi wrote:

>Assalamualaikum Wr. Wb.
>
>mbak sanya, anak saya juga mengalami hal yang sama utk imunisasi BCG
>dengan putranya mbak vera tapi DPT I ada panasnya dan DPT 2,3 nggak ada
>panasnya. Selain itu saya juga mau tanya apa benar BCG itu ada suntikan
>yang baru yang nggak berbekas dan tempatnya di paha soalnya anak temen
>saya katanya BCG nya di paha dan nggak berbekas?
>
>Wassalamualaikum Wr.Wb.
>Ibunya Hilmi

MailCity. Secure Email Anywhere, Anytime!
http://www.mailcity.com