Mbak Mira,
yang ini mungkin bisa membantu. Eka

Saya punya keponakan (4 tahun), laki-laki. Sampai saat ini dia belum
bisa bicara, tapi motoriknya sangat bagus, selalu aktif. Tapi ada
keganjilan karena dia sangat cuek sekali. Kalau dipanggil dia
seolah-olah tidak mendengar. Jadi dia melakukan aktifitas sesuka dia
saja, dan bila dia sudah terfokus pada satu kegiatan (mainin botol, mis)
dia tidak mau diganggu, kalau diganggu nangis sekenceng-kencengnya.
Menurut dokter pendengaran dan alat bicaranya bagus (waktu diperiksa
umur 20 bulan). Saya curiga dia menderita authisme, tapi sebenarnya saya
tidak terlalu tau mengenai authisme ini, mungkin ada teman-teman yang
bisa memberi keterangan yang lebih detail. Sebelumnya terimakasih.

JAWAB :
1. Saya punya Keponakan (4th) juga sama kayak keponakannya Ibu Media, dan
dia sudah menderita authis ... ,pada saat keponakan saya berumur 2
tahunan baru ketahuan ... karena dia suka main sendiri (kayak punya
dunia sendiri) .. akhirnya sama kakak sepupu saya dibawa ke Yayasan
Santi Rama (disitu memang ada sekolah khusus untuk anak-anak yang
menderita authis), letaknya di Jl. Kramat VII - Salemba.

Hasilnya sekarang sudah agak lumayan ... sedikit-sedikit sudah bisa
diajak ngobrol (tadinya juga nggak bisa ngomong) dan bisa bermain sama
teman-temannya.

Mungkin Ibu Media bisa coba nanya-nanya ke sekolahan tersebut.

2. Lebih baik menghubungi Yayasan Autisma Indonesia bu...
Mereka dapat memberikan informasi yang komprehensif tentang penanganan anak
penyandang autis serta informasi klinik remedial teachingnya.
Telepon 7940836/7940837. Jangan ditunda-tunda.
Maaf kalau sudah melihat message yang sama dua kali