Papi Matthew,
Memang kalau anak sudah makan makanan padat, akan berkurang minum ASI-nya.  Satu porsi
makanan padat akan menggantikan satu kali minum ASI.  Menurut saya, berhubung Matthew
masih 4 bulan sebaiknya minum ASI yang diutamakan.  Bahkan saat ini sedang digalakkan
untuk ASI eksklusif sampai umur 6 bulan.

Pengalaman saya, waktu Syauqi umur 4 bulan 1 pekan ( sekarang 5 bulan 1 pekan ) mulai
saya perkenalkan buah pisang sedikit.  Porsi  tersebut hanya untuk perkenalan (
belajar menelan ) paling banyak 2-3 sendok sedang porsi ASI harus habis ( selama
ditinggal kantor, 3 botol @ 120 ml ).  Bahkan bila libur, seharian dia ASI terus, cuma
bila terlihat masih lapar saya tambah buah paling hanya 40 ml.

Sekarang setelah 5 bulan mulai saya buatkan bubur susu ( bikin dari 90 ml susu formula
), tetapi tetap porsi ASI harus habis ( sehari saya cuma bisa memerah sekitar 350 ml
).  Yang jelas ASI harus diutamakan sedang makanan padat hanya sebagai perkenalan.
Bila makanan pendamping diberikan dalam porsi besar, takutnya jadi kurang minum ASI
padahal saat ini yang dibutuhkan hanya ASI.  Nanti umur 6 bulan makanan pendamping
sesuai porsinya ( sudah harus malah ).

Untuk biskuit sementara ini belum saya berikan ( nanti 6 bulan ) karena menurut yang
saya baca gluten dalam gandum ( bahan dasar biskuit ) sering menyebabkan malabsorsi
dan gangguan pencernaan pada bayi dibawah 6 bulan.

mudah - mudahan berguna,

Umminya Syauqi