Halo mbak,
Kalau yang untuk selaput otak itu namanya vaksinnya
HiB. Kalau di RS tempat anak saya, aturannya di bawah
1 tahun diberikan 2 kali, di atas 1 tahun 1 kali. Tapi
kalau di AS diberikan 4 kali usia 2,4,6, bulan dan di
atas 1 tahun, mungkin karena kasus disana lebih
banyak. Penyakit yang ditimbulkannya namanya
Meningitis (Radang selaput otak) yang sangat
berbahaya.
Kalau vaksin lain yang diberikan setelah anak 1 tahun
selain HiB adalah :
1. MMR untuk mencegah campak, gondongan dan rubella
(usia 15-18 bulan)
2. Varilrix untuk mencegah cacar air (di atas 1 tahun)
3. Typhim untuk mencegah tipus perut (18 bulan-2
tahun)
Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke dokter anak,
karena vaksin ini belum diwajibkan tapi hanya
dianjurkan oleh IDAI.
Selain itu pada umur 2 tahun ada ulangan imunisasi
untuk DPT dan Polio.
Demikian dulu ya mbak, semoga berguna.

Mamanya Dafi