Papanya Rania,

     Menurut DSA saya, hal ini wajar dialami oleh bayi di bawah 3 bulan. Tidak
     apa-apa. Setahu saya, salah satu penyebabnya adalah gerakan refleks anggota
     tubuhnya sendiri, atau suara yang mengagetkan (belum tentu suara tsb keras,
     tetapi untuk telinga bayi tetap mengagetkan)

     Kalau penyebabnya suara, itu bagus, artinya telinga Rania berfungsi dengan
     baik. Tapi jangan terus orang-orang di rumah tidak boleh bersuara sama
     sekali. Biarkan saja, supaya Rania terbiasa tidur dengan adanya suara-suara
     yang biasa ada di sekitarnya. Jadi dia mudah tidur dalam kondisi apapun,
     tidak perlu sunyi senyap baru bisa tidur.

     Kalau penyebabnya gerakan anggota tubuhnya, sebenarnya salah satu manfaat
     bedong adalah untuk menghindari bayi kaget-kaget begini. 'Kan kalo dibedong
     tangan & kakinya relatif terbatas gerakannya.
     Pengalaman pribadi saya, karena saya bukan 'penggemar' bedong,
     paling-paling kalau waktu dia kaget saya ada di dekatnya maka saya akan
     berusaha menenangkannya dengan menina bobokkan & mengelus-elus dia, supaya
     dia segera tenang kembali.
     Lama-lama kebiasaan kaget itu akan hilang dengan sendirinya. Jadi tidak
     perlu kuatir.

     Oya, tambahan informasi, posisi tidur tengkurap juga membantu mengurangi
     kaget-kaget, juga menguatkan jantungnya.

     Demikian sharing saya.

     Salam,
     Ibunya Ibra & Aisyah.