Sebenarnya keterbelakangan mental (down syndrome) bisa
dideteksi dari dalam kandungan dengan beberapa tes,
meskipun tidak 100% benar tapi minimal bisa diadakan
penelitian lebih lanjut. Saya baca dari artikel, di AS
ada tes yang disebut the maternal serum
alpha-fetoprotein (MSAFP) yaitu untuk mengetahui
tingkat alpha feto protein dalam darah ibu hamil,
hasil yang positif menunjukkan adanya kemungkinan bayi
menderita salah satu dari 3 kelainan yaitu kelainan
saluran syaraf (spina bifida), kelainan dinding perut
dan kelainan kromosom (down syndrome), namun hasil ini
harus diikuti dengan tes lain yaitu dengan USG dan
amniocentesis (pengambilan cairan ketuban) untuk
menguatkan hasil tersebut. Selain itu ada juga tes
yang disebut CMV (Chorionic Villus sampling) yang
khusus untuk mengetahui kelainan kromosom yang diambil
dari placenta
Keterbelakangan mental bisa terjadi dari beberapa
faktor antara lain, usia ibu hamil (di atas 35 tahun),
keturunan atau anak yang sebelumnya menderita
keterbelakangan mental.
Apabila tes tidak dilakukan saat hamil, biasanya anak
dengan keterbelakangan mental memiliki ciri khusus
yaitu bentuk wajah, kepala dan telinga yang khas yang
disebut wajah mongoloid, dan hal ini bisa terlihat
saat lahir.
Keterangan lebih banyak tentang keterbelakangan mental
dapat ibu dapat dari alamat ini  http://www.ndss.org
Semoga berguna ya bu.

Mamanya Dafi