Mbak Klara,

Saya mau sharing mengenai hal ini sesuai dengan masukan yang saya dapatkan
dari milis IDAI.

1. Kalau imunisasi Hep.A harus diberikan segera mungkin karena tingkat
    terjangkitnya penyakit ini di Indonesia masih cukup tinggi. Harga
    vaksinnya relatif hampir sama dengan HIB.

2. Imunisasi  cacar air (varicela )
    Imunisasi varicela khusus untuk pencegahan terhadap penyakit cacar air
    tetapi tidak jaminan 100% bebas cacar air. kalopun terkena bisa
    meminimalisasi parahnya penyakit dan komplikasi yang mungkin terjadi
    seperti radang selaput otak dan radang paru-paru. Walaupun sudah
    dapat  diberikan sejak anak berumur lebih dari 1 tahun tetapi IDAI
sendiri
    merekomendasikan pemberiaannya pada waktu anak umur 12
    tahun. Ini mungkin karena mahalnya harga vaksin tsb. Biasanya para ortu
    yang anaknya perempuan cenderung memberikan vaksin ini karena
    takut  kalo kena bisa meninggalkan bopeng.
    Anak saya mendapat vaksin ini umur 17 bulan dan saya beli vaksinnya
    sendiri setelah dapat resep dari DSAnya. Kebetulan saya punya teman
    yang bekerja di farmasi dan saya beli vaksin dari dia seharga
    Rp.250.000,-

Demikian sharing saya. semoga membantu Mbak Klara . Mungkin ada netter lain
yang mau nambahin.

Salam
Yuli