Kalau menurut saya...
Sebaiknya kita kasih pengertian saja...
Anak saya juga tadinya takut ama kecoa, apalagi kalau lagi ke kamar mandi...
Tapi kita dengan cara halus dan lembut.. ngasih tahu aja.. Bahwa kecoa itu
baik,
dia nggak akan ngeganggu.. Prinsipnya kita kasih persepsi ke anak bahwa
binatang itu bisa jadi teman..
Dan kita tonjolkan unsur2 yang menyenangkan...
Misalnya kita sambil ketawa bilang.. Tuh lihat.. sungut(kumis)nya lucu ya..
bisa goyang2, mungkin kecoanya mau main sama Annin (nama anak saya). Jadi si
Anak malah merasa diajak main...
Sekarang anak saya tidak takut lagi ama Kecoa... Demikian juga dgn binatang
lain, saya gunakan teknik yang sama..
Hasilnya.. Kayaknya anak saya jadi senang sama binatang...

Salam