Pak NI,
Kalo mau tanya ke ahlinya kenapa harus via email? Jaman sekarang banyak kok
dokter yang memberikan nomer telpon rumah ataupun HPnya dan kita bisa banyak
bertanya? Menurut saya, hal ini jauh lebih efektif jika dokter tersebut adalah
DSA anak kita atau DSOG yang biasa dikunjungi untuk urusan kontrol ataupun jika
ada keluhan karena mereka sudah mengetahui riwayat dari pasiennya dan jika
diperlukan kita bisa langsung datang ke tempat prakteknya.
Seperti yang saya lakukan sekarang, saya mempunyai nomer telpon rumah dan HP DSA
putri saya, juga DSOG yang dulu membantu kelahiran putri saya serta dokter
internist yang biasa saya hubungi, selama ini jika ada keluhan baik dari putri
saya ataupun saya pribadi saya tidak langsung pergi ke dokter, tetapi saya
mencoba hubungi mereka. Jika menurut mereka tidak perlu ke tempat praktek mereka
maka saya tidak akan pergi tetapi paling2 hanya membeli obat2an yang disarankan.
Dan jika mereka pikir perlu untuk diperiksa dan diberikan antibiotik maka saya
akan mengunjungi tempat prakteknya.
Saya pernah terkena demam berdarah tetapi belum parah alias masih stadium 1,
saya tidak ke dokter tetapi hanya konsultasi via telpon. Oleh dokter internist
ybs, saya disuruh ke lab untuk cek dan juga diberikan vitamin2 apa yang harus
diminum dan saya lakukan semua yang dia perintahkan. Alhamdulillah saya tidak
perlu dirawat di rumah sakit dan bisa sembuh (dinyatakan sembuh berdasarkan
hasil lab). Komunikasi yang saya lakukan via telpon. Saya hanya mengunjungi dia
pada saat waktu prakteknya untuk kontrol lebih jauh (supaya lebih yakin) dan
juga untuk minta surat sakit dan keterangan dari dokter sehingga obat2an serta
biaya2 lab bisa diganti oleh kantor.

Jadi masih perlukan milis balita seperti yang diajukan pak NI???

Salam

Mamanya Hana