u/ Bp. Rames Sitorus & rekan netters lain yg mungkin membutuhkan, kebetulan saya masih menyimpan filenya. >Virus KOK / KAK > >Nama virus : WScript/kok.worm.bat >Masih ingat virus Bubble Boy ? >Virus itu memunculkan trend baru tentang adanya virus e-mail. >Tidak seperti virus Happy99.exe dan PrettyPark.exe yang berbentuk >attachment pada e-mail. Virus Bubbleboy dan virus Kok ini merupakan virus >yang >berada dalam mail yang terinfeksi. >Jadi penerima mail tak perlu menjalankan file attachment, tetapi cukup >dengan membaca mail tersebut, terinfeksilah PCnya dengan virus e-mail >generasi terbaru. > >Pada tanggal 11 Februari 2000, sewaktu saya membuka PC saya, program >antivirus McAfee saya memberi message seperti ini : >C:\Autoexec.bat > Found the WScript/kok.worm.bat > >Virus apa pula ini ? >Kenapa PC saya (berbasiskan Windows '98) bisa terinfeksi virus ini ? >Darimana asal muasal virus ini ? Koq tidak ada warning dari McAfee saya >sewaktu virus itu akan menginfeksi PC saya ? >Karena saya tidak bisa menemukan cara membersihkan virus ini(pada waktu >itu), maka saya tekan tombol enter saja dan menjalankan komputer seperti >biasanya. Saya mulai merasa terganggu akan kehadiran virus ini setelah >sering komputer saya hang, padahal sedang online (kejadian ini tidak saya >alami lagi sewaktu virus tersebut sudah saya bersihkan). >Saya kemudian ke homepage McAfee dan Network Associates, tetapi jawaban >yang saya temukan adalah : > Search Results > No Archive Documents Matched The Query: > WScript/kak.worm.bat > >Wah ternyata, antivirus saya belum mempunyai catatan mengenai virus aneh >ini. Kemudian mulailah saya menjelajah mencari-cari keterangan mengenai >virus ini. (berita terakhir saya temui, virus ini dengan nama : >Kagou-Anti-Kro$oft Kak ) >Akhirnya saya temukan sedikit keterangan di F-Secure : (dan berita >terakhir Norton 2000 juga sudah mengantisipasi hal ini). > NAME: Kak > ALIAS: Wscript.KakWorm, KakWorm > >WScript.KakWorm merupakan virus yang melekat pada mail yang dikirim dari >sistem yang telah terinfeksi. Virus ini ditulis dengan Javascript dan >bekerja pada Windows 95/98 versi Bahasa Inggris dan Perancis. >Virus ini memanfaatkan kerentanan Outlook Express. Pada waktu pengguna >menerima e-mail yang telah terinfeksi (biasanya dalam HTML/Rich Text style) >maka virus ini akan membuat file kak.hta pada direktori Windows Startup. >Saya sendiri menemukan file kak.hta ini pada folder : > C:\WINDOWS\Start Menu\Programs\Startup\KAK.HTA >Pada waktu kita reboot komputer kita setelah file kak.hta ini sudah ada >dalam sistem kita, maka virus ini mengcopy file > C:\autoexec.bat kita menjadi C:\ae.kak dan membuat file > >C:\autoexec.bat baru dengan tambahan 2 baris di akhir file tersebut yang >tulisannya sebagai berikut : > @echo off>C:\Windows\STARTM~1\Programs\Startup\kak.hta > del C:\Windows\STARTM~1\Programs\Startup\kak.hta > >Kemudian signature kita di Outlook Express 5.0 akan direplace dengan >signature yang telah terinfeksi file kak.htm. >Setelah kejadian ini, secara tak sadar jadilah kita penyebar virus Kak >ini, melalui e-mail yang kita kirim ke rekan-rekan kita. >Jeleknya, kerja virus ini bukan hanya sampai disitu saja. Registri >kitapun diobrak-abrik. Dengan memodifikasi registri maka virus ini akan >bekerja >setiap kita memboot / menjalankan komputer kita. >Kemudian pada hari pertama setiap bulan, jika waktu telah menunjukkan >lebih dari 17:00 (5:00pm) maka virus ini akan menunjukkan kotak peringatan >dengan tulisan : > Kagou-Anit-Kro$oft say not today! > >Kemudian virus ini akan membuat komputer Windows kita shutdown. >Saya menemukan isi registri saya sbb. : > MyComputer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\ > CurrentVersion\Explorer\Doc Find Spec MRU > Name Data > (Default) (value not set) > a "" > b "" > c "DS32" > d "kok.reg" > e "kak.worm.bat" > f "sendcmt.cgi" > g "gotmale" > h "kak.reg" > i "bworks" > j "body" > MRUList "hadecgbijf > >Kemudian file KAK.HTA saya temukan di : >C:\WINDOWS\Start Menu\Programs\Startup\KAK.HTA dan file kak.htm di : >C:\Windows\kak.htm > > >Bagaimana mengdiagnosanya ? >Berikut ini langkah mendiagnosa sekaligus menghapus virus ini dari sistem >Anda. >Periksa file C:\Autoexec.bat PC Anda. > Start | Run | msconfig >kemudian ke tab Autoexec.bat >Lihat apakah sudah ada 2 baris tambahan yang berisi : > @echo off>C:\Windows\STARTM~1\Programs\Startup\kak.hta >Delete C:\Windows\STARTM~1\Programs\Startup\kak.hta >Jika kedua baris itu sudah ada, maka yang Anda perlu lakukan adalah >menghapus Autoexec.bat kemudian merename file >C:\ae.kak menjadi C:\autoexec.bat. >Untuk melakukan hal ini gunakan perintah dari DOS. >Cari file : >* KAK.HTA, >jika ketemu segeralah hapus : >* C:\WINDOWS\Start Menu\Programs\Startup\KAK.HTA > >* kak.htm, >jika ketemu segeralah hapus : > >Obok-obok registri dengan mencari kata kok.reg atau kak.reg. >Bisa juga langsung saja menuju : >MyComputer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\ >CurrentVersion\Explorer\Doc Find Spec MRU > > >Kemudian hapus segeralah file / karakter yang ada hubungannya dengan " kak >"dan " kok " ini di registri tersebut. > >Periksa Start up komputer Anda, caranya : >1. Start | Run | msconfig, kemudian ke tab Startup. >Akan terlihat dua line yang mengandung kata : > - cAgAu > - kak.hta >Uncheck (dihilangkan tanda centang "v" ) kedua line ini. Jika telah di >unchek, langkah selanjutnya adalah menghilangkan 2 baris ini melalui >regedit. >2. Gunakan fasilitas regedit ke : >HKLM/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion >Cari di bagian Run atau RunService. >Cari karakter kak atau kok atau cAgAu dan hapus. >Dengan menghapus karakter ini maka fasilitas on/off di startupnya jadi >hilang. >Setelah ini selesai dilakukan, bootlah kembali komputer Anda. > >Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah tertularnya virus ini ? >* Upgrade Internet Explorer 5.0 Anda menjadi 5.01. >* Updatenya bisa di download di Websitenya Microsoft Internet >Explorer atau membeli Majalah CHIPS edisi 1 Tahun 2000. > * > * Download security patch dari MS Windows > * Patch ini bisa didapat gratis di websitenya MS yaitu di : > * Internet Explorer Security Area. > * Baca teliti petunjuk di page tersebut dan download semua patch-patch >sesuai dengan konfigurasi komputer Anda. Jika hal ini telah dilakukan, >maka sewaktu ada virus sejenis yang menyerang sistem PC Anda, akan muncul >warning : > * Some software (ActiveX controls) on this page might be unsafe. > * It is recommended that you not run it. Do you want to allow it to run >?(Yes/No) > * Kemudian muncul warning lagi (apapun yang kita tekan) : > * An ActiveX control on this page is not safe. > * Your current security settings prohibit running unsafe controls on this >page. > * As a result this page may not display as intended (OK) > * > * >* Gunakan selalu plain text dalam bere-mail. >* Caranya baca tulisan saya mengenai Mailing List di majalah Mikrodata edisi >Januari 2000. > >Demikian tulisan singkat saya berdasarkan pengalaman pribadi, jika ada >yang ingin menambahkan atau mengoreksi, dipersilakan.

Kirim email ke