Rekan-rekan,
Saya mendapat berita mengenai Hantavirus .... (di bawah ini saya sertakan
beritanya).
Ada nggak yg tau lebih jauh mengenai Hantavirus ?
Bagaimana gejala awal bila terjangkit virus ini ?
Mohon sharingnya ....

Terima kasih.
Mamanya Ivan
---------------------- Forwarded by Yanis Ad Kurniawati/IDN/SEA/CCA on
05/12/2000 01:05 AM ---------------------------

Bismillahirrahmanirrahim,
Berita POS KOTA, Kamis, 11 Mei 2000, Hal. 1:

Statistik : >30% tikus di Jakarta tertular virus tikus Korea atau
hantavirus (hantaan)
Sample : 4 lokasi di Kelurahan Kebon Kosong, Kebon Kacang, Tanjung
Priok, dan Sunda Kelapa
Jenis tikus : tikus rumah dan tikus got; 40,3% tikus got dan 17,7% tikus
rumah di Tanjung Priok terkena virus hantaan sedang di Sunda Kelapa
persentasenya 24,4% tikus got dan 19,2% tikus rumah.
Penderita : sekitar 1,1% - 1,8% penduduk di lokasi penelitian
Dampak : penyebab penyakit demam berdarah dengan sindrom renal
(haemorrhagic fever renal syndrome/HFRS) atau pendarahan ginjal.
Penyebaran : secara langsung (digigit) atau tidak langsung (melalui
vektor seperti kutu, tungou, pinjal, dan caplak)
Masa inkubasi : sepekan (sekitar 7 hari)
Peneliti : Badan Litbangkes Depkes

Agar rekan-rekan Muslim waspada terhadap HFRS ini.  Di rumah saya juga
ada tikus rumah dan tikus got, sudah beberapa kali membasminya namun
muncul lagi-muncul lagi. Mohon informasi cara memberantas tikus yang
efektif dan aman bagi lingkungan (apalagi ada Balita yang suka maen
comot/masukan ke mulut apa yang dipegang).

Demikian semoga bermanfaat.

Helmi Wahidi