Kalau anak saya, sejak usia 1 thn 7 bulan, kadang2 nggak saya
pakaikan pampers. Sengaja biar dia nggak nyaman kalau ngompol
(tentunya tidurnya dialasin plastik selebar tempat tidur), tp awalnya
nggak tiap hari. Sekaligus saya biasakan, sekitar tengah malam
dan jam 3-an saya gendong ke wc. Sambil dia tidur gitu saya
dudukin aja di kloset bbrp saat. Mulanya nggak pipis sama sekali.
Tp lama2, dia otomatis pipis kalau didudukkan di kloset. Dua bulan
kmd, usia 2 thn dia udah nggak ngompol lagi (meskipun saya
nggak bawa dia ke wc tengah malam, dia udah bisa nahan
pipisnya).

Wassalam,
Bundanya Salsabila