Abinya Rahma,

1. Memberikan ASI dalam posisi tiduran setahu saya boleh-boleh saja dan
tidak ada dampak negatifnya. Tapi yang harus diingat:
- atur dan jaga posisi payudara ibu agar tidak menutupi hidung si bayi
- jangan sampai ada anggota badan si bayi (tangan misalnya) yang tertindih
badan ibu atau badan bayi sendiri, supaya aliran darah tidak terhambat.
Kalau posisi bayi miring menghadap ibunya punggung bayi hendaknya disangga
bantal/guling kecil
- karena pada bulan-bulan awal ASI biasanya masih 'deras' keluarnya, jaga
supaya jangan masuk ke telinga bayi. Ini biasanya terjadi kalau bayinya udah
enggak nyusu sementara ibunya masih tiduran disampingnya
- si ibu jangan sampai ketiduran

2. Tidur telungkup bagus untuk paru-paru dan biasanya bentuk kepala bayi
juga lebih bagus. Tidur bayi biasanya juga lebih nyenyak, jarang terbangun
karena kaget. Harus dijaga supaya hidung bayi tidak tertutup (oleh
selimutnya, misalnya), dulu DSA saya menyarankan agar tidur telungkup tidak
lebih dari 30 menit, diganti posisi telentang dulu, baru boleh telungkup
lagi.

semoga bermanfaat.

salam,
ibunya Adin