> Ternyata kompres dengan alkohol dan air es ini sudah tidak dianjurkan lagi.
Kalau setahu saya, kompres masih merupakan anjuran utama
untuk mempercepat penurunan panas pd demam. Memang saya
dengar ada bbrp dokter sudah tidak menganjurkan lagi, tp
kayaknya masih diperdebatkan.

> Uraiannya adalah (kira2) sbb :
> Akibatnya jika anak sedang demam (panas) dikompres dengan air es, suhu tubuh
> bukannya akan turun tapi akan lebih meningkat.
Penjelasannya cukup masuk akal, hanya saja perlu diingat bahwa
kompres bukan bertujuan menurunkan suhu sentral (yg pusatnya
pd otak, tetapi suhu permukaan. Itulah mengapa dalam bahasa
medis kompres disebut "surface cooling".Mnrt saya yg urgent adalah
segera menurunkan suhu yg sangat tinggi sehingga efek2 yg
timbul akibat demam (misalnya kejang dsb), bisa dihindari.

> Sedangkan jika anak dikompres dengan alkohol, kita tahu alkohol adalah racun
> dan baunya menyengat, jika kita kompreskan pada kepala anak semalaman,
> ditakutkan alkohol akan menyerap ke otak.
Kompres alkohol, bukan berarti hrs dengan alkohol murni. Kalau
saya, sedikit alkohol dicampurkan dengan  air dan batu es. Dan
hindari bagian wajah. Bisa dilapkan keseluruh tubuh, atau
ditempelkan di ketiak, selangkangan dan kepala bagian belakang.
Penggunaan alkohol utk kompres krn sifat alkohol (saya lupa
persisnya). Kalau enggak salah, salahsatunya krn sifatnya yg
mudah sekali menguap, sehingga panas tubuh lebih mudah keluar.
Selain itu kalau tidak salah alkohol juga punya suhu yg lebih
rendah drpd air biasa.
Tp kompres dengan air es saja juga cukup baik.
Sehubungan dgn mimisan, kompres es dimaksudkan untuk
menyempitkan pembuluh darah halus di hidung (vasokonstriksi).

Boleh juga kalau Ibu Lely punya makalahnya..
Terimakasih

Wassalam,
Bundanya Salsabila

  This message was sent using WEB88888 Mail.
  Visit Our Website http://www.web88888.com