Kayanya selera makan utk anak2 itu merupakan  suatu keunikan
        sendiri ya..?
        Saya pribadi pernah khawatir thdp anak saya (1thn/8,9kg) thd berat
        kenaikan berat badannya sampai2 saya konsultasi dg Dokter Ahli Gizi
        dan menurut beliau memang tidak semua anak mempunyai daya serap yg
        baik thd makanan yg dimakan.
        Bedanya kalo anak saya makannya banyak tapi pertambahan berat
        badannya bisa dibilang slow.
        Memang berat badan pd wkt anak mencapai umur 1th seharusnya
        sdh mencapai 3 x berat pd wkt lahir, ini menurut teorinya.

        Dan kalo anak ibu  selera makan nya sangat jelek, coba deh..diberi
        vitamin penambah nafsu makan, krn hal ini sudah terbukti dg anak
        saya sendiri. Disamping itu mungkin perlu juga variasi makanannya
        lebih diperbanyak.
        Misalnya kalo si anak lagi mogok makan nasi jangan terlalu dipaksain
        nanti takutnya malah jadi trauma, coba aja dg cara dikasih makan
        lain misalnya, roti tawar di isi coklat, keju, telor dadar
        atau misalnya macaroni schotel dsb. Dan biar saja kalo misalnya
        dia makan dikit, tapi...kalo bisa wkt nya diper sering.
        Kalo menurut Dokter Ahli gizi saya, utk anak yg sudah makan makanan
        padat, susu adalah merupakan tambahan/penunjang saja.
        Jadi sebaiknya diberikan makanan padat lebih besar prsentase nya
        daripada susu.

        Maaf kalo ceritanya kepanjangan, mudah2an bisa diambil manfaatnya.

        Salam buat si kecil.

Bapak-bapak/Ibu-ibu yth,

Anak perempuan saya berumur 13 bulan dan beratnya sekarang ini hanya 7 kg.
Ia lahir dengan berat badan 3 Kg. Tiga bulan pertama kelahirannya ia masih
mau minum susu botol disamping asi (saat itu asi ibunya masih sedikit
sekali keluarnya dan anak saya mengalami kesulitan menghisap) sehingga
pertambahan berat badannya cukup baik.
Akan tetapi setelah asi ibunya lancar, bayi saya justru tidak mau lagi
minum susu botol dan sampai umur sekarang ini keinginannya untuk makan
jelek sekali. Setiap harinya untuk mau makan ia harus diberi makanan yang
berbeda (dan ia suka makanan pedas), itupun jumlahnya sedikit sekali.
Orang-orang di puskesmas bilang anak saya kurang gisi, saya sempat marah
karena apapun saya lakukan untuk anak saya itu.

Mungkin bapak-bapak/Ibu-ibu yth bisa memberi saran apa yang bisa saya
lakukan mengingat saya sudah berkali-kali pergi ke dokter spesialis anak
dan mereka selalu mengatakan "di telateni - saja" (ya karena telaten itu
saya tidak berani menjejali mulut anak saya dengan makanan seperti
kebanyakan saran tetangga saya sehingga anak saya jadi kurang gisi !)