Dear Ibu Devi,
Sewaktu hamil anak ke 2, saya mengalami positif tokso.
Hal ini diketahui pada saat kehamilan berusia 7
minggu, karena sebelumnya saya mengalami flek dan di
test darah. Tetapi kehamilan saya diteruskan dan saya
harus minum obat 2 macam obat yang satu anti virus
(sorry namanya lupa) dan antibiotik rovamicyn. Cara
minumnya, 2 hari anti virus 4 x1, kemudian 5 hari
rovamicyn 4x1, selama 2 minggu kemudian periksa darah,
kalau masih positif diulang terus sampai negatif.
Kehamilan saya terus dipantau untuk diketahui
perkembangan bayi, terutama memasuki bulan ke 3 (-/+
14 minggu)apakah kepalanya sudah membulat atau tidak
lalu pertumbuhan tulang belakangnya. Menurut dokter
apabila kepalanya tidak membulat/menutup tempurung
otaknya, lebih baik digugurkan karena akan lahir cacat
dengan otak tidak tertutup dan kemungkinan hidupnya
pun sangat kecil.
Pada saat kehamilan saya memasuki bulan ke 8, saya
mengganti dokter kandungan. Hal ini saya lakukan
karena dokter yang saya kunjungi terlalu jauh dan
pasiennya banyak sekali. Dokter pengganti ini
mengatakan saya tidak perlu minum obat lagi karena
semuanya sudah tumbuh baik. Sebenarnya terapi obat
yang saya minum dosisnya salah seharusnya minum 2x2
per harinya untuk menuntaskan virusnya. Tetapi terus
terang saya tidak tahu mana yang benar, sebaiknya sih
turuti saja anjuran dokter yang menangani ibu.
Dengan memohon perlindungan dari Tuhan selama
kehamilan, 24 Januari lalu anak saya lahir secara
alami (normal) dengan berat 3570 gr, panjang 50 cm,
perempuan dan tidak mengalami kekurangan apapun. Pada
saat dites darahnya pun ia tidak terinfeksi tokso.

Bu Devi, mudah2an setelah ini ibu tidak takut lagi
untuk hamil. Saya doakan semoga ibu cepat sembuh.

Salam
Thres
Mamaya Ray & Olivia