        From:   Rien [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
        Sent:   Thursday, June 29, 2000 12:00 PM
        To:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        Re: [balita-anda] RE: Lancar ASI]

        Miranda wrote:

        > Gerakan massage yang seperti apa sih yang dimaksud? Apakah seperti
pada
        > saat wanita melakukan sarari (periksa payudara sendiri) ?

        Mbak Miranda,
        kalo tidak salah, sarari itu kita 'cari' pelan-pelan di seluruh
wilayah
        payudara, ya...? Jadi tangan yg. sesisi dgn. p-dara diangkat ke
atas,
        lalu tangan satunya, dgn. jari menelusuri otot-otot utk. cari
tonjolan2
        aneh, bukan begitu...?
        Kalau masase p-dara, yg. saya tahu adalah dengan telapak tangan.
Katanya
        jangan dengan jari, karena p-dara bisa tidak 'kenceng'(kata
instruktur
        senam hamil saya...:-) ).
        Saya dulu caranya begini : pegang satu p-dara di bagian bawah dengan
        tangan yg. sesisi (jadi kalau mau masase yg. kiri, dipegang pake
tangan
        yg. kiri, biar gampang) dgn. ibu jari dan telunjuk. Mungkin tepatnya
        disangga, ya...? Lalu tangan yg. lain memijat dgn. memutar pake
telapak
        tangan. Nggak usah keras-keras. Begitu terus sampai kedua p-dara
dapat
        masase. Nggak usah lama-lama, yang penting rajin dilakukan. Biar
gampang
        inget, tiap mandi menyisihkan waktu sebentar utk. 'ritual' ini...
        Juga baik utk. ibu yg. menyusui, habis minumin si kecil, di masase
        sedikit, supaya pasokan tetap lancar.
        _/)(\_     |~          Salam,
         /~~\    o'  |~        Rien.
          ^ ^