----- Original Message -----
From: ariesanthy <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: RE: [balita-anda] FW:Diare kronis /Hati-hati musim Paratifus untuk
Balita Kita
--- deleted ---

Pada posting sebelumnya ibu ariesanthy sudah sharing panjang lebar tentang
diare kronis. Saya akan tambahkan sedikit informasi tentang pengobatan diare
dan penggunaan obat "stop cret".

Sama seperti informasi yang di-sharing-kan bu ariesanthy, obat-obatan yang
berfungsi sebagai "STOP CRET" tidak direkomendasikan untuk digunakan.
Berdasarkan penjelasan DSA anak saya, zat-zat / racun-racun yang harus
keluar bersama mencretnya itu memang seharusnya dikeluarkan. Bukan malah
di-STOP. Akibat penggunaan obat-obatan (dan ramuan tradisional) yang
berfungsi sebagai stop cret itu baru akan terasa beberapa tahun kemudian.
Bisa jadi anak usia 5 th terkena lever karena sebab yang tidak disadari
sebelumnya, yaitu karena terjadinya penumpukan zat-zat yang seharusnya
dibuang itu tadi.

Sedangkan obat yang direkomendasikan oleh WHO untuk diare adalah URALIT /
PEDIALYTE dan yang sejenisnya. Fungsinya selain sebagai pengganti cairan
tubuh, juga berfungsi sebagai penggelontor racun-racun itu tadi.

Itu aja sharingnya, sekali lagi jangan mudah memberikan STOP CRET kalau anak
kita lagi diare.