----- Original Message -----
From: putri lestari <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [balita-anda] balita flu

Ibu Putri yth,
Anak ibu sudah usia berapa? kalau sudah di atas 1 tahun mungkin bisa dicoba
sharing saya ini. (not recommended for babies under 1 year old).
Belakangan saya suka memberikan air perasan kunyit, kadang-kadang ditambah
madu + jeruk nipis sedikit, pada anak saya. Saya pernah baca di salah satu
posting di milis ini, kunyit itu antibiotik alami. Terutama kalau anak saya
sudah menunjukkan gejala2 panas dalam (sariawan, ada bercak merah di bibir
atau lidahnya). Seperti kata dokter, sariawan itu indikator bahwa daya tahan
tubuh sedang turun. Atau kalau anak saya mulai "semlenget" (sumang-sumang
mau panas), saya biasanya memberikan pertolongan pertamanya ya dengan kunyit
ini. Lumayan untuk meminimalkan pemakaian obat-obatan.
Kalau memang ada panas dalamnya, biasanya setelah diberi air kunyit ini
sariawannya keluar dan sakitnya ngga berlanjut.

Tambahan lagi, saya pernah baca di Nakita, obat tradisional untuk flu :
kunyit 1 jari diparut, diperas airnya + sedikit maduk + sedikit jeruk nipis.

Alhamdulillah sejak saya rutin memberikan air kunyit pada anak saya, anak
saya jarang terserang flu. Kalaupun pilek atau batuk, ngga sampai parah.
Sebentar juga sembuh. Sariawannya juga sudah jarang sekali.

Untuk awalnya (mungkin anak ibu ngga suka rasa kunyitnya), kunyitnya diiris
tipis terus direbus saja. Air rebusan ini rasanya lebih mendingan daripada
air perasannya. Kalau anak lagi sehat, seminggu sekali/dua kali saya beri
kunyit (untuk pencegahan). Untuk penambahan madu sebaiknya hati-hati,
terutama kalau si anak lagi sariawan / radang tenggorokan. Sebab ngga semua
anak tahan sama madu. Sebagian anak malah gatal tenggorokannya kalau kena
madu.