Sebaiknya pakai sabun cuci ( untuk botol lebih mudah yang cair )  supaya lemak susu
yang tertinggal , bau dan segala kotoran bisa terangkat.  Cuma ya memang harus benar -
benar sampai bersih jangan sampai ada sabun yang tertinggal.  Kalau mau aman ada sabun
produk pigeon yang aman untuk botol dan sayur - sayuran ( bila tertinggal tidak apa -
apa ).

Saya sendiri sih pakai sabun cuci cair yang anti bakteri.  Sedangkan untuk
pensterilannya direbus.  Lama perebusan cukup 3 - 5 menit pada air mendidih so botol
tidak penyok ( jangan lupa jumlah air cukup banyak jadinya botol nggak nempel ke panci
perebus - bikin penyok ).  Alhamdulillah Syauqi sehat - sehat saja sampai sekarang
udah 9 bulan.