Saya mempunyai  anak perempuan berumur 19 bulan yang sampai
saat ini belum bisa berbicara. Ucapan yang sering keluar dari mulutnya
(itupun karena terpaksa karena sesuatu hal) adalah addah (maksudnya ayah)
dan mbu (maksudnya ibu). Serta ucapan baby pada umumnya seperti tatatata,
ayyayaya, dsb. Beberapa minggu lalu saya pernah menonton rubrik kesehatan di
salah satu stasiun televis (tetapi tidak tuntas) yang membahas masalah
Autisme. Sepintas lalu ciri-ciri yang disebutkan oleh dokter tersebut banyak
terdapat pada diri anak saya yaitu antara lain :

1.      Anak saya tersebut mempunyai sifat acuh. Sebagai contoh apabila dia
sedang serius melakukan sesuatu atau memperhatikan siaran televisi yang dia
senangi (seperti azan, lagu-lagu, atau iklan sunsilk), lalu kita panggil
namanya,  dia tidak akan menoleh, begitu juga jika dipancing dengan
suara-suara lainnya. Akan tetapi apabila acara ditelevisi tersebut sudah
tidak menarik lagi baginya, secara otomatis dia mencari asal suara yang
didengarnya.
2.      Kalau berbicara tidak pernah menatap lawan bicaranya.
3.      agak sulit untuk diajak berkomunikasi dalam arti kalau kita ajak
untuk melatih bicara dia selalu menghindar untuk kemudian melakukan
aktifitas lain yang lebih dia sukai

                Akan tetapi anak saya tersebut senang jika bermain dengan
teman sebayanya (anak-anak tetangga). Anak saya tersebut tidak pernah
menyerang, dan banyak mengalah apabila mainannya direbut oleh teman mainnya.
Senang tertawa jika sedang asyik bermain.

                Normalkah anak saya tersebut ? Apakah anak saya tersebut
terkena Autis ? Identikkah Autis dengan tuna wicara ? berbahayakah autis
tersebut ? Dimana saya dapat berkonsultasi masalah ini (ahlinya) ? adakah
sekolah /tempat yang dapat membantu anak saya tersebut dalam melatih
berbicara kalau ada dimana ? Apa yang harus saya lakukan untuk memastikan
bahwa anak saya tidak/terkena autis ?

                Adakah pengalaman Bapak/Ibu dalam menangani hal ini ? maukah
berbagi pengalaman dengan saya ?
                Saya sangat mengharapkan informasi yang lengkap untuk hal
ini dari Bapak/Ibu sekalian yang mungkin dapat menjadi acuan bagi kami dalam
melatih anak kami tersebut.
                Atas perhatian Bapak/Ibu semua saya ucapkan banyak terima
kasih.

                Ayahnya Carein.