Pak Robby,
Untuk placenta previa selama tidak menutupi jalan
lahir masih bisa melahirkan secara normal dan
bagaimana pun sesuatu yang normal dan alamiah adalah
lebih baik dijalani tentunya dengan mengenali faktor
resikonya.
Beberapa kelebihan melahirkan secara normal :
1. Biaya lebih ringan
2. Sakit tidak berkepanjangan
3. Lebih cepat pulih
4. Lebih cepat bisa berinteraksi dengan anak (menyusui
dan mengasuh)
Sedangkan beberapa kelebihan caesar (yang
direncanakan) adalah :
1. Waktu bisa ditentukan
2. Persalinan lebih singkat (tidak melewati fase
kontraksi dan pembukaan)
3. Bayi tidak banyak mengalami trauma di jalan lahir
4. Menghindari kemungkinan kelainan pada rahim dan
jalan lahir (terlilit tali pusar, bayi terlalu lama di
jalan lahir dll).

apa pun cara yang dipilih yang diperlukan adalah
kesiapan mental terutama si ibu untuk menghadapi saat
kelahiran dan dukungan suami sangat diperlukan.

Mamanya Dafi