Dear netters
Masih nyambung sama topik 'Malabsorpsi Lemak' yang baru lalu.
Hari Selasa kemarin saya konsul balik ke ahli gastro di RSIA Hermina Jatinegara
(Dr. Aswitha). Menurut dokter, kejadian malabsorpsi lemak pada anak saya
disebabkan oleh kurang berfungsinya kelenjar pankreas untuk  menghasilkan enzim
pankreon, sehingga lemak yang masuk mulut cuma numpang lewat di saluran
pencernaan (terbukti dari hasil pemeriksaan faeces di lab yg mengandung lemak).
Hal itu disebabkan oleh kurangnya berat badan anak saya (--> kurang
gizi..???##@!!!  ihicks..!!), shg organ tubuh itu enggak bekerja optimal. So,
untuk mengantisipasinya perlu dikasih makanan yg mudah diserap oleh tubuh, yi
makanan yg sedikit mengandung asam lemak yg jenuh, alias dibanyakin deh intake
yg mengandung asam lemak tidak jenuh. Misalnya tahu, tempe, pokoke yg dari
nabati, trus ikan juga. Kalo daging sapi, pilih yg gak berlemak, kalo daging
ayam pilih ayam kampung tanpa kulit. Hindari keju, kuning telur, otak sapi,
jeroan (kayak hati sapi, ayam), karena itu banyak asam lemak yg jenuh. Terus
kalo bisa, hindari makanan yg digoreng, coba di kukus, tim or panggang aja...
biar kadar minyaknya gak nyusahin kerja pencernaan dulu.

Untuk kasus anak saya, selama sebulan ini susunya diganti jadi LLM (dr Sari
Husada) or Bebelac FL yg sedikit/tidak mengandung lactose. Makanan beratnya di
-set back lagi kayak waktu masih 6 bulan, tapi pake bubur khusus, namanya Preda,
yg isinya udah komplit (including vit). Terus.... sebelon makan dikasih enzim
pankreon dg dosis 0.5 sachet 2X sehari.

Menurut dokter, dengan intake yg demikian, Insya Allah berat badan akan naik,
dan diharapkan kerja pankreas back to normal shg semuanya balik lagi spt biasa,
termasuk nafsu makannya.

Oh iya, fyi, anak saya hampir 15 bulan tapi beratnya 'cuma' 9.27 kg, pdh berat
lahir 3.45 kg. Anak saya juga di tes mantoux untuk memastikan apakah ada infeksi
di paru-paru yg juga bisa mempengaruhi nafsu makan. Alhamdulillah ternyata gak
ada, shg diambil kesimpulan bahwa penyebab berat badan anak saya tidak optimal
adalah malabsorpsi lemak.

*wuihhh... udah panjang...*

segini dulu aja, semoga berguna

Mamanya Raissa