Selamat pagi,

Saya baru dua hari ini menjadi member di Balita Anda. Awalnya, karena saya mempunya
sedikit optimisme bahwa dalam waktu dekat saya akan segera bisa hamil, jadi tentunya
akan menarik sekali sebagai 'silent member' untuk membaca segala hal di sini.

Anak saya yang pertama sebentar lagi akan berusia 13 tahun (Ajeng, namanya) dan saat
ini saya sedang amat sangat ingin menambah satu orang anak lagi. Memang, usia saya
sudah akan memasuki 40 tahun; banyak yang bilang buat apa hamil lagi, sudah ketuaan.

Saya telah menjalani HSG dua kali (pada Juni 1995 dan sekian bulan yang lalu). Memang,
kedua saluran tuba saya tersumbat. Saya sudah ke Gleneagles (Karawaci) dan menurut
sang dokter, saya harus dioperasi untuk ditelesuri sumbatannya. Lalu saya mencarai
second opinion dengan datang ke RS Int'l Bintaro. Awal konsultasi, saya seperti
mendapat pencerahan bahwa action yang akan dilakukan (disesuaikan usia saya) adalah
dengan proses peniupan (mungkin harus 2-3 x). Setelah menemui Andrologi dan hasil
suami saya dinyatakan bagus, saya kembali menemui dokter saya lagi kemarin sore. Tapi,
kali ini rasanya antiklimaks deh!! Sang dokter malah mengatakan (setelah melihat ulang
kedua hasil HSG), "Tidak ada cara lain selain operasi mikro."

Saya rasanya sediiiihhhh sekali dan sudah tidak mampu untuk berargumen dengan sang
dokter, mempertanyakan kenapa pada konsultasi pertama dia mempunyai alternatif
peniupan selain operasi (malah ketika itu dia tidak menganjurkan operasi karena faktor
usia). Saya dianjurkan untuk ke Harapan Kita, mengikuti Program Melati.

Ada yang bisa membantu saya memberikan informasi lebih lanjut, biar saya tidak
ber-larut2 dalam kesedihan??

Terima kasih dan salam,
okto

Kirim email ke