Ayah Fakhri,
Selama persiapan buat traveling lengkap tidak ada
masalah si kecil ikut bepergian. Beberapa hal yang
harus dipersiapkan adalah
1. Pakaian dan pakaian dalam : Lebihkan 1-2 pasang
untuk mencegah saat anak muntah, pipis dll, jangan
lupa topi/jaket yang ada penutup kepala, kaos kaki,
selimut, semua dengan jumlah 2x lipat.
2. Makanan dan minuman : kalau 4 bulan mungkin sudah
makan bubur susu, biskuit dan buah, bawa dengan jumlah
cukup dan berikan sesuai jadwalnya. Bawa lebih
persediaan air putih, air panas (termos), susu
formula, botol susu (kalau pakai ASI lebih aman) untuk
mencegah terjadi macet atau hal lain yang menyebabkan
tidak sampai sesuai jadwal.
3. Bawa persediaan obat yang sering digunakan (obat
mencret, panas, muntah, luka, gatal, biang keringat,
dll) juga  obat untuk penyakit khusus.
4. Bawa perlengkapan kebersihan misalnya tisu kering,
tisu basah (untuk ganti popok, dan lap tangan bayi),
waslap. Juga bedak, lotion untuk rash, popok/diaper
dengan jumlah cukup. Bawa juga kantong plastik untuk
sampah dan pakaian kotor.
5. Sediakan tempat yang nyaman, kalau ada seperti car
seat, keranjang bayi, bantal besar atau yang lain
sehingga bayi bisa ditidurkan posisi nyaman. Dipangku
orang tua sebenarnya baik juga, hanya untuk waktu yang
lama bayi akan tidak nyaman karena posisinya tidak
enak.
6. Pastikan bayi dalam posisi yang aman (posisi aman
untuk anak di mobil adalah di bangku belakang).

Kalau perginya dengan pesawat/KA/kapal laut maka
sesekali bawa bayi jalan-jalan agar tidak bosan. Kalau
bawa kendaraan sendiri setiap 3 jam usahakan berhenti
sejenak, bawa bayi turun, jalan-jalan atau yang lain
agar tidak terlalu rewel.

Setiap pergi agak jauh saya suka bekal bawang merah
dan minyak goreng/minyak kayu putih, begitu sampai
tempat tujuan anak dimandikan atau diseka kalau sudah
malam dan dibalur dengan bawang tumbuk plus minyak
juga badannya dipijat ringan, khasiatnya anak tidak
mudah masuk angin, capeknya hilang dan tidurnya
nyenyak.
Jangan kaget kalau bawaan anak akan lebih banyak dari
orang tuanya karena kita harus mengantisipasi keadaan
paling jelek di perjalanan demi kenyamanan si kecil.
Nah selamat traveling.

Mamanya Dafi

--- Budi Sutrisno <[EMAIL PROTECTED]>