Ibu-ibu,
Cepat atau lambat, disadari atau tidak  child abuse
ini memang sudah menyebar ke Indonesia. kalau dulu
kita ingat kasus Arie Hanggara yang notabene kekerasan
fisik, sekarang makin banyak anak-anak yang mendapat
kekerasan seksual seperti cerita ini dan kekerasan
seksual ini lebih besar dampaknya bagi anak tetapi
lebih sulit untuk dideteksi.Ini bukan hanya bahaya
bagi anak perempuan, tetapi juga lelaki. Selain itu
dengan maraknya kemajuan informasi terutama internet,
bisa menjadi media untuk kekerasan terhadap anak
melaui chatting atau email.
Orang tua memang tidak bisa mengawasi anak sepanjang
hari, tetapi kita masih bisa memperkecil kemungkinan
kejadian ini terulang dengan komunikasi yang intens
dengan anak dan memberikan garis-garis keamanan
terhadap anak misalnya istilah 'Never talk to
stranger'.
Komunikasi misalnya menanyakan apa saja yang dilakukan
anak hari ini, atau adakah kejadian yang menurut dia
'aneh' atau tidak menyenangkan dari lingkungan
sekitar, dll.
Garis-garis keamanan misalnya, jangan mau jika ada
orang asing terutama yang berlainan jenis melakukan
rabaan  (bisa diperjelas dengan menunjukkan bagian
mana yang tidak boleh diraba orang lain) atau ciuman
atau disuruh melakukan hal yang aneh.
Penjelasan kita perlu melihat usia anak dan jangan
sampai ada kesan kita menakut-nakuti anak. Makin besar
anak makin lengkap detail keamanan yang dapat kita
jelaskan.
Pulang kampung bukan solusi lho bu, soalnya di kampung
juga terjadi kasus kekerasan seksual hanya mungkin
tidak terekpos.
Saya sedang carikan nih artikel tentang child abuse,
nanti kalau sudah dapat insya Allah saya kirimkan agar
menjadi perhatian kita semua.

Mamanya Dafi