Mbak,
untuk jarak nonton TV setahu saya minimal 3 kali panjang diagonal TV.
Minimal lho... jadi sebaiknya ya jauhan lah!
Kalau untuk lampu, terus terang saya ngga' bisa bilang berapa watt ya,
karena neon dan bolam kan beda ya... tapi at least cukup terang untuk
membaca. Kalau adult senengnya kan nonton TV agak gelap, biar Tv-nya
kelihatan jreng... :-) cuman akibatnya radiasinya (karena tv terang,
ruangan gelap) ngerusak mata deh!

Trus, kalau saya, sekitar TV dipagerin, jadi si kecil ngga' bisa meraih
tombol-2 tv/video. Kalau teman saya lain lagi, dia pakai plastik yang ada
bulet-2nya (bublewrap) -- biasa buat bungkus barang elektronik, trus
bagian bawah tv dan videonya dibungkus pakai plastik itu. Remote control
tembus kok... tapi kalau tv/videonya ngga' pakai remote, susah juga ya...
paling ya dipagerin aja kya' saya.

Laras tamper tantrumnya lagi tinggi ya... :-)
Ya udah, disabarin dulu aja. Kalau bisa sih dikasih tau aja, kalau
pencet-2 tombol tv nanti tv-nya rusak, dll. Kalau lgsg diangkat sih ya,
memang pasti ngamuk anaknya. Tapi ini pengalaman lain teman saya, anaknya
mencet-2 tombol tv, kebetulan dia dp volume... tau-2 volumenya jd gede
banget, anaknya kaget trus nangis. Habis itu dia ngga' pernah main-2 tv
lagi. :-)

Yuk ah, kok jadi cerita panjang. Salam buat Laras!

best regards,
Quinike